Saat Jalan Raya Jadi Catwalk

Sejumlah model putra-putri daerah Provinsi NTB memeragakan busana Kain Tenun khas Provinsi NTB dengan beragam motif. Kain tenun yang  dibentuk menjadi baju jas, sarung, gamis, celana dan lain-lain merupakan kerajinan dari tangan-tangan terampil desainer muda Provinsi NTB. Mereka tampil di arena Inspiratif Expo jalan Car Free Day Udayana, Mataram (17/3).


Para Model itu diiringi oleh Group Tambora Percusion, satu persatu mereka berpose dihadapan pengunjung. Semakin menambah semarak dari hiasan tenun yang memeriahkan gelaran Inspiratif Expo Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB. 


Fashion Show yang dipersembahkan oleh Rumah NAMIA, Butik Rumah Tenun dari Ferry Kuncoro, Karya Linda Hamidy, Maya Dhamayanti. Dibuat dari bahan tenun Lombok Utara. Lombok Tengah Sukarara. Pringgasela Lombok timur dan tenun ikat Lombok Barat.

Dipersembahkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTB untuk mempromosikan produk-produk Lokal di kanca Nasional maupun internasional. 


Ketua Umum Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE., M. Si mengatakan, Dekranasda ini merupakan perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk memasarkan dan mempromosikan kerajinan lokal khususnya di NTB. Bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah  terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM dan Diskominfotik NTB. 

"Kami berharap dengan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan kerajinan lokal serta dapat tereksekusi dengan baik," jelasnya.


Potensi kerajinan di berbagai pelosok NTB tidak diragukan lagi, metode pewarna alami dalam kain tenun merupakan metode baru yang dikembangkan oleh Dekranasda yang sesuai dengan tren masa kini. Sehingga dengan demikian, dapat disukai oleh pasar daerah, nasional bahkan internasional.

"Waktu acara pameran di Bali, kita jual kain Tenun dengan pewarna alami dan sambutan masyarakat sangat baik. Sehingga tenun kita terjual habis," Tutur Hj. Niken.

Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga hadir memeriahkan Inspiratif Expo. (Man-Tim Media)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru