Berkat Asa Green Hasil Produksi Petani Meningkat


KM. Sukamulia – “Berkat ASA GREEN, hasil panen kami mengalami peningkatan yang cukup besar sehingga dari hasil tersebut kami mendapatkan keuntungan yang cukup besar pula”, demikian pengakuan Kadri (petani pengguna ASA GREEN). Ungkapan senada juga disampaikan oleh Suhardi, Muhasan, Amaq Ana dan beberapa petani pengguna ASA GREEN lainnya yang mengelola lahan pertanian di sekitaran Subak Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya.

Alhamdulillah wa syukrillah, atas Rahman dan Rahim Tuhan Semesta Alam dan atas Pemurah-Nya lah sehingga setiap makhluk hidup di jagad raya ini mendapatkan rezeki. Tuhan tidak akan melimpahkan rezeki kepada suatu kaum atau seorang hamba-Nya hingga kaum atau hamba-Nya melakukan ikhtiat atau usaha. Salah satu ikhtiat yang dilakukan oleh masyarakat petani untuk mendapatkan rizki dari Yang Maha Kuasa adalah bercocok tanam serta merawat tanamannya dengan sebaik mungkin.


Penti di Subak Sukamulia dan sekitarnya merupakan petani yang mengembangkan konsep tanam tumpang sari dengan komoditi tanaman padi, tembakau, cabai dan berbagai jenis tanaman sayur. Beberapa tahun terahir, tanaman sayur dijadikan sebagai komoditi utama petani setempat. Sebagian dari petani setempat menggunakan menggunakan ASA GREEN dalam proses perawatan tanaman budidayanya. Alhasil, mereka yang menggunakan Pupuk Cair Fungsi Ganda (pupuk sekaligus pestisida organik) mengeluarkan biaya yang minim dan hasil yang didapatkannya cukup besar. Artinya, biaya perawatan yang dikeluarkan sangatlah minim namun hasil produksi mereka lumayan besar. Dengan demikian, dengan menggunakan ASA GREEN mereka mendapatkan keuntungan atau laba yang cukup besar dari kegiatan pertanian yang mereka lakukan.


Pupuk Cair Fungsi Ganda “ASA GREEN” yang merupakan temuan dan diproduksi oleh anak asli Lombok yang berasal dari Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya ini memang diakui cukup efektif untuk menjaga tanaman budidaya dari serangan hama belalang, kupu-kupu putih dan ulat. Selain itu, pengguna ASA GREEN juga mengakui bahwa penggunaan pupuk organik cair fungsi ganda tersebut cukup efektif dalam meningkatkan dan memperpanjang masa reproduksi tanaman yang mereka budidayakan, terutama tanaman sayur dan buah. Pengakuan semacam itu tidak hanya diungkapkan oleh pengguna ASA GREEN di sekitaran Desa Pohgading Timur, namun diungkapkan juga oleh petani yang menggunakannya di luar daerah, seperti di Kalimantan Selatan, Bali, Jawa Tengah dan bahkan Petani Pisang yang menggunakannya di Malaysia.