100 Desa Jadi Pioner Penanggulangan Kemiskinan Di NTB

Penanggulangan kemiskinan menjadi salah satu program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah. Jika persoalan kemiskinan sudah teratasi, maka secara otomatis akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. 

Oleh karena itu, untuk mencapai derajat ekonomi masyarakat yang baik, sehingga bisa mengurangi angka kemiskinan di NTB. Hal yang menjadi fokus utama adalah meningkatkan kualitas pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat. 

Untuk itulah Gubernur NTB menginisiasi terbentuknya 100 desa prioritas pada tahun 2018 yang menjadi cikal bakal serta pionir dalam penanggulangan kemiskinan di NTB. Terbentuknya desa prioritas ini juga sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi NTB yakni 100 desa untuk penanggulangan kemiskinan. 

"Persoalan kemiskinan ini bisa diatasi dengan membangun ketahanan dalam keluarga. Jika ketahanan dalam keluarga sudah bisa diciptakan dengan baik. Maka persoalan kemiskinan bisa diatasi," tutur ketua TP PKK NTB Hj. Niken Saptarini Widiastuti Zulkieflimansyah dalam kegiatan pembekalan TP PKK Desa/kelurahan dan ketua tim pembina TP PKK Desa/kelurahan dari 100 Desa /kelurahan prioritas penanggulangan kemiskinan di NTB, Rabu (12/12) di Mataram.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi NTB Ir. Rosyadi H Sayuti mengatakan, dengan dibentuknya 100 desa prioritas tersebut diharapkan mampu menurunkan angka kemiskinan sebesar 10 persen selama 5 tahun kedepan."10 desa sudah kita persiapkan untuk tahun 2018 ini, semoga tahun 2023 bisa kita rasakan manfaatnya," tuturnya.

Selain itu, penanggulangan kemiskinan juga bisa diatasi dengan meningkatkan peran TP PKK serta tim pembina TP PKK khususnya di desa dan kelurahan di NTB untuk menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan. "Peran TP PKK di desa dan kelurahan sangat penting dalam memberikan pembekalan bagi masyarakat utamanya membangun ketahanan keluarga,"tutur pria yang akrab disapa bang Ros ini. 

Dalam kegiatan pembekalan ini dihadiri Sekretaris Daerah NTB, ketua TP PKK NTB, kepala Dinas DPMPD Dukcapil NTB dan seluruh TP PKK desa dan kelurahan di NTB. (Luk/tim media).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru