WUBI dan WPBI, Agent of Change Ekonomi NTB

Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) dan Wirausaha Perempuan Bank Indonesia (WPBI) adalah dua program unggulan Bank Indonesia untuk pengembangan kapasitas wirausaha di Provinsi NTB.

Digadang-gadang akan menjadi agent of change perekonomian di NTB, pelatihan keduanya yang digelar selama beberapa waktu tahun ini resmi ditutup, (24/11).

Jumlah peserta yang dibina pada program  WUBI 2018 tersebut sebanyak 15 (lima belas) orang, sedangkan pada program WPBI 2018 sebanyak 20 (dua puluh) orang.

Peserta WUBI menjalani program  pembinaan selama 5 (lima) bulan, sejak tanggal 28 Juni 2018 hingga 21 November 2018. Selama periode tersebut peserta WUBI mengikuti berbagai aktivitas diantaranya boothcamp, coaching/pendampingan sebanyak 7 (tujuh) kali, company visit, lokasi usaha peserta oleh coach, studi banding, dan pembekalan materi legalitas hukum usaha.

Tak jauh berbeda dengan program WUBI, program WPBI 2018 juga memberikan pembinaan kepada wirausaha perempuan di NTB melalui aktivitas boothcamp dan coaching/pendapingan sebanyak 2 kali sehingga masa pembinaannya-pun lebih pendek yaitu 1 (satu) bulan dimulai tanggal 24 Oktober 2018 hingga 24 November 2018.

Pada acara penutupannya, Baiq Diyah Ratu Ganefi, Ketua IWAPI Provinsi NTB menyampaikan bahwa kejujuran, kerja keras dan disiplin merupakan kunci sukses seorang pengusaha.

Sedangkan Wahyu Ari Wibowo pada sambutannya mengharapkan seluruh lulusan WUBI dan WPBI tidak hanya jujur, tetapi juga dapat menjaga standarisasi usaha supaya dapat bersaing.

"Selain itu, harapannya ilmu yang telah diperoleh selama menjalani pendidikan dapat disebarluaskan dan dibagikan kepada masyarakat sekitar sehingga manfaat dari penyelenggaraan program ini dapat lebih luas terutama dalam meningkatkan perekonomian NTB," tandasnya.

Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Prov. NTB, Dinas Perdagangan Prov. NTB, dan IWAPI Prov. NTB yang juga hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia yang turut serta melakukan upaya dalam meningkatkan kapasitas para wirausaha UKM di NTB dan berharap agar BI dapat terus bersinergi bersama mendorong kemajuan UMKM di Provinsi NTB. 

Di akhir acara, seluruh peserta mendapatkan sertifikat kelulusan program. Berdasarkan beberapa kriteria penilaian yang ditentukan maka diberikan penghargaan khusus kepada Tutut Ruwaidah dengan usaha “Ruwaidah Mutiara Lombok” sebagai peserta terbaik WUBI 2018 dan Inayati dengan usaha “Kopi Jaran Bideng” sebagai peserta teraktif WPBI 2018. (nov) 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru