Kopi Tujak Sajang Lestarikan Kearifan Lokal


KM. Sajang Bawak Nao _ Kopi Tujak yang berlokasi di Danan Arang Jongkong Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, mengemas Produksi kopi menggunakan alat yang serba manual mulai dari pemetikan, pengupasan, penjemuran, pengupasan kulit keras (batok kopi), penggorengan (Sangrai) hingga penimbunan kopi menjadi bubuk. 

Pembuatan bubuk kopi menggunakan sistem manual mampu meningkatkan dan menghasilkan aroma dan citarasa kopi yang khas. Kopi tujak yang di proses dengan penumbukan grinbin menjadi bubuk inilah yang mampu menciptakan rasa yang lebih tajam dan lebih nikmat dibandingkan dengan kopi yang lain. 


Kopi Tujak yang di sajikan dengan sistem manual ini juga secara tidak langsung mempertahankan kearifan lokal seiring perkembangan zaman yang sangat maju ini, dimana kita saksikan bersama bahwa sekarang ini peralatan sudah canggih dan semua serba menggunakan mesin. 

Mesin-mesin yang muncul pada saat ini sangat banyak untuk proses pembuatan kopi, tapi meski demikian masyarakat Arang Jongkong Desa Sajang tidak terpengaruh dengan hal tersebut meski mesin pembuatan kopi mampu meningkatkan prodiktipitas kopi pada umumnya. 

Mempertahankan kearifan atau budaya lokal sendiri memiliki nilai lebih untuk proses kopi tujak sendiri, dimana kopi tujak ini mampu menarik wisatawan pencinta kopi untuk hadir di tengah masyarakat untuk menyaksikan dan merasakan sensasi pembuatan kopi manual secara langsung. Selain wisatawan bisa mengikuti pembuatan kopi secara manual mereka juga bisa tau lebih dekat kehidupan masyarakat Sasak Lombok secara lebih detail dan lebih dekat. 

Dari sini kami mengajak semua pihak untuk mari kita bersama mempertahankan budaya lokal kita supaya tidak sirna dengan perkembangan zaman. Karena sejarah nenek moyang dan perjuangan mereka inilah sehingga kita bisa menikmati perjuangan mereka. Sekarang tinggal kita yang mengemas perjuangan tersebut menjadi sebuah sistem peningkatan ekonomi masyarakat. 
Jadi jika anda ingin mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat dahulu sebelum ada mesin, maka anda bisa datang langsung ke lokasi pembuatan kopi tujak di Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. []

#kopi_tujak #kopiArabika #kopiRobusta #lombokBangkit #NTBku #minumkopi #kopihitam #sajang #sembalun #arangjongkong #kitabisa #eksplorlombok
By. Hajrul Azmi 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru