Mendorong IKM Ciptakan Lapangan Kerja

KIM-BOLO—Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan salurkan bantuan peralatan senilai Rp1,5 miliar untuk mendukung kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM) tahun anggaran 2018, yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan. Bantuan itu diberikan berupa mesin peralatan dan bahan, yang diserahkan di halaman Kantor Bupati Bima Godo Kecamatan Woha, Kamis (8/11/2018).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima Drs H Arifudin HMY memaparkan, bahwa bantuan tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Bima senilai Rp1,5 miliar lebih. Jumlah ini mengalami peningkatan 24 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Daerah dalam upaya membantu dan memberdayakan kelompok IKM di Kabupaten Bima,” katanya.

Tahun 2018 ini, tercatat ada 314 kelompok penerima yang tersebar pada 18 kecamatan. Jenis bantuan ini beragam, seperti mesin perbengkelan,  mesin las,  mesin dan peralatan mebel,  peralatan konveksi, mesin peralatan pembuatan makanan, peralatan pangkas rambut serta  peralatan tenun dan benang.

            “Sejak tahun 2016, telah diberikan bantuan kepada 325 UKM dengan anggaran Rp1,02 miliar. Selanjutnya tahun 2017 diberikan bantuan peralatan kepada 296 UKM dengan nilai Rp1,2 miliar, dan pada tahun 2018 telah disalurkan kepada 314 UKM senilai Rp1,53 miliar,” paparnya.

            Arifudin mengatakan, dalam kurun waktu tiga tahun berturut-turut, instansi yang dipimpinnya telah menyalurkan bantuan hibah kepada 935 UKM dengan dana senilai Rp3,8 miliar lebih.

            Diakui, bahwa IKM di Kabupaten Bima memiliki kedudukan yang strategis dalam  perekonomian daerah. Karena, dengan jumlah unit usaha yang besar, tentu saja menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak dan mempunyai produk yang beragam.

“Jika IKM berhasil dikembangkan, pada gilirannya akan mampu mewujudkan ekonomi daerah yang tangguh dan memberikan kontribusinya terhadap PDRB Kabupaten Bima,” katnya.(adi)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru