Ansari: PemDes Tetap Menyokong Usaha Ekonomi Skala Micro

KM-BOLO- Sekertaris Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Ansari menyatakan bahwa, Pemerintah Desa Rasabou akan tetap membantu dan mendorong kegiatan dibidang usaha kelompok ekonomi kreatif masyarakat agar lebih berkembang dan mampu menciptakan produk-produk yang inovatif.

Hal tersebut disampaikannya pada saat kegiatan Pelatihan Pembinaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Rumahan (Home Industry) di Aula kantor desa setempat, Selasa (23/10/2018) yang diikuti oleh peserta  calon penerima bantuan sebanyak 25 orang.

"Kami tetap akan mendukung dan membantu kegiatan usaha kelompok  masyarakat Desa Rasabou agar berkembang dan lebih inovatif, "Ungkapnya.

Dikatakanya, proses pembinaan tersebut merupakan langkah awal yang akan dilakukan  sebelum ke tahap pemberdayaan (bantuan barang) dan kreteria peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah sasaranya pelaku-pelaku usaha kuliner yang ada di Desa Rasabou.

"Alokasi anggaran yang sudah kami persiapkan untuk peserta calon penerima bantuan ini, kurang lebih sebesar  7 juta  yg bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), ini khusus untuk pembinaan kemasyarakatan, "jelasnya.

Menurut Ansari, Home industry di Desa Rasabou yang sudah terdata sebanyak 40 orang dan jenis kegiatan usaha yang ditampilkan  yakni kuliner kampung dengan tujuan mengangkat prodak lokal khas desa rasabou.

"Ada tiga jenis kuliner yang akan menjadi perioritas prodak andalan Desa Rasabou seperti, saroja, jajan bunga, jape sejenis sarang semut, Prodak-prodak ini merupakan target order pihak konsumen, "Paparnya.

"Program ini akan tetap berkelanjutan hingga 2019 dan sasarannya tetap sama yaitu, bagi warga yang sebelumnya sudah memiliki usaha. Namun saat ini kita fokuskan pada masyarakat miskin yang benar-benar sangat membutuhkan peralatan usaha kuliner, " Tambahnya.

Ansari berharap dengan adanya kegiatan tersebut, dapat mendorong dan meningkatkan ekonomi kreatif kelompok masyarakat Desa Rasabou, serta termotivasi untuk tetap semangat bekerja, "Tutupnya. (Agus)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru