KLU Raih Penghargaa Anugerah Dana Reksa

Dihadapan para undangan,  peserta upacara Peringatan Harganas HUT KLU X tahun 2018 dan masyarakat bupati KLU Dr. H. Najmul Ahyar, SH. MH. mengatakan selama satu dasawarsa, KLU pada akhir tahun 2017 telah mampu merealisasikan pos pendapatan asli daerah dengan capaian baik, sehingga mampu mencapai berbagai program yang telah direncanakan.

Realisasi pos anggaran tersebut terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar Rp, 150 Milyar 949 Juta Rupiah lebih atau 96.00 Persen dan lain-lain pendapatan yang sah berjumlah Rp. 27 Miliar 311 Juta rupiah lebih atau 31.74 Persen.

Sedangkan pendapatan transfer sebesar Rp. 732. Miliar 690 Juta lebih atau 110,89 Persen. Secara keseluruhan pendapatan daerah sebesar 910 Milyar 951 Juta Rupiah lebih atau 100,77 Persen. Sedangkan Belanja dan Transfer daerah sebesar 904 Milyar 647 Juta Rupih lebih atau 92,67 Persen. Dengan angaran sebesar itu kita telah memanfaatkannya untuk pembanguna daerah dengan baik.

Bentuk tanggungjawab kita terkait dengan pelaksanaan tersebut mampu menghasilkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dar BPK RI. Kita berharap penilaian atas pengelolaan keuangan daerah ini dapat kita pertahankan secara berturut-turut. Disisi pengelolaan keuangan daerah, setelah sukses mendapat pengakuan dalam bentuk anugerah dana reksa dari kementerian keuangan. Pada bulan Januari 2018, predikat SIKAP pemerintah KLU mendapat nilai B dari kementerian PAN-RB RI.

Pada aspek keuangan dan pendapatan daerah ditempuh dengan pembahasan APBD tepat waktu setiap tahunnya serta Pendapatan asli daerah pun terus ditingkatkan dari tahun ke tahun supaya rencana kegiatan pembangunan baik fisik dan non fisik dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu. “ Pada tahun 2016 PAD kita sebesar 129 miliar dengan kerja keras dan kerja nyata target PAD sebesar 135 miliar lebih pada APBD murni tahun 2017 meningkat menjadi 154 miliar pada APBD-P tahun yang sama,” ujarnya.

Pada tahun 2018 target sekitar sebesar 200 miliar mengacu data realisasi sejak Lombok Utara dimekarkan pada tahun 2008 lalu,  progress peningkatan PAD kita melonjak tajam ini berarti pemerintah daerah telah mampu menggerakkan pundi-pundi PAD, yang secara bertahap progress reportnya menunjukan hasil positif.

“Tahun 2018 ini tahun ketiga masa pengkhidmatan kami mengabdi kepaqda masyarakat KLU.  Oleh karenanya mari perteguh komitmen seraya terus berkarya dengan pikiran yang visioner. Inovatif dan produktif khusunya kepada PNS di lingkup Pemda KLU untuk tetap konsisten menjalankan tugas dan fungsi masing-masing sesuai kapasitas yang dimiliki. (   )

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru