Ada Cendol Tiga Warna


“Campuran untuk pembuatan cendol ini cukup mudah yakni tepung kanji, soda berupa Tawas dan perwarna makanan. Sedangkan upah yang diterima setiap pembuatan 1 karung isian 50 kg sebesar 70 ribu rupiah cukup untuk menambah kebutuhan ekonomi keluarga”. Kata Hafazah sambil menuangkan adonan Cendol Gaet ke dalam bak ukuran besar yang berisi air yang sedang mendidih.

Hafazah wanita paruh baya ini mengaku jenis cendol yang dibuat warna hijau yang biasa dipakai untuk Es Dawet sedangkan until until dibuat sebagai tambahan. Sedangkan keahlian membuat cendol ini diperoleh dari keluarganya dan mulai menjadi karyawan sudah puluhan tahun. Dulu kata Hafazah pertama kali mendapatkan upah untuk pembuatan satu karung cendol isian 50 kg sebesar 10 ribu rupiah.

“Dulu upah saya cuma 10 ribu rupiah perkarung karna harga tepung dulu masih murah, seiring berjalannya waktu sampai sekarang sudah naik upah saya menjadi 70 ribu rupiah perkarung”.Akui Hafazah

Dipaparkan Hafazah, untuk merebus adonan cendol digunakan kayu bakar, untuk setiap kayu bakar ukuran 1 kali 1 meter akan habis selama 3 hari dipakai berdua bersama temannya dan setiap perebusan adonan cendol api harus tetap menyala agar cendol matang dengan sempurna.

Terkait dengan menggunakan gas Hafazah mengatakan Cendol tidak akan matang dengan sempurna dan cepat menjadi basi sehingga setiap perebusan adonan cendol harus menggunakan kayu bakar.

“Kalau buat cendol gaet ukuran memanjang, apinya harus tetap menyala sedangkan untuk cendol jenis kotak-kotak apinya tidak harus menyala terus dan apinya jangan terlalu besar, jika terlalu besar nantinya cendol jenis kotak-kotak akan hangus”. Akui Hafazah

Kalau hanya sekedar membuat cendol sebanyak 50 kg kebawah bisa menggunakan gas namun kendalanyanya lama matangnya dan tidak matang sampai ke dalam sehingga tidak terlalu awet dalam 3 sampai 4 hari.

Sementara Masnah, ibu yang sudah sepuh ini keahliannya membuat Jenis jendol Deliman, dibuat mulai dari selesai sholat subuh sampai dengan zuhur atau sekitar pukul 14,00 wita , satu karung isian 50 kg setiap hari untuk satu jenis macam cendol deliman (jenis kotak kotak) dengan 3 warna cendol deliman yakni warna merah,kuning dan putih.

Masnah yang juga sudah puluhan tahun sebagai karyawan pembuat cendol ini mengaku, kalau diluar bulan puasa volume membuat cendol berkurang , yang semula 1 karung isian 50 kg tepung kanji berkurang menjadi 25 kg perhari. Kadang untuk satu karung tepung kanji dibuat selama 5 hari . Adonan cendol dibuat menjadi 3 warna dan 3 warna Untal Until. []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru