Kopi Tujak Sajang Sembalun Menggoda Pengunjung


KM. Sajang bawak Nao _ Kopi Tujak yang baru berdiri, bahkan belum lama ini memperkenalkan dirinya kini sudah mampu menyihir paara pendatang yang mengunjungi lokasi pembuatan kopi tersebut yang di lakukan secara manual.

Semua kegiatan dan proses pembuatan kopi tujak tersebut dilakukan secara manual, mulai dari pemetikan biji kopi sampai dengan pengolahan sampai jadi bubuk semua serba manual tanpa campur mesin.

Kemajuan zaman sekarang ini yang serba tehnologi canggih tidak berdampak dan tidak menyurutkan produksi dari kopi tujak tersebut. Kelompok tani bumi lestari tetap giat dan tidak pernah mengatakan capek untuk memproduksi kopi tujak dan demin mempertahankan rasa yang luar biasa nikmatnya.

Bukan saja mempertahan kan rasa dalam kopi tujak tersebut melainkan untuk mempertahankan budaya nenek moyang kita yang dimana mereka dulunya sebelum ada mesin msi menggunakan alat lesung untuk menumbuk kopi supaya jadi bubuk.


Dengan kearipan lokal yang dimiliki oleh Masyarakat Sajang yang mengelompokkan diri menjadi kelompok tani Bumi Lestari mampu menarik minat pengunjung untuk mendatangi lokasinya dan belajar langsung bagaimana pengolahan kopi yang baik dan benar dan langsung menikmati kopi tersebut di lokasi pembuatan kopinya.

Hal ini terbukti dengan kedatangan tamu dari luar daerah ikut serta dalam proses penggorengan kopi asli dan menilkmati aroma ko;pi dalam wajan, selain itu sambil menggoreng kopi mereka juga di ajarkan bagaimana sistem penggorengan kopi yang baik dan benar.

Tangan yang telaten tidak kalah hebatnya dengan hasil mesin zaman sekarang, budaya dan kultur mereka juga bisa menjadi ikon untuk mempertahankan kopi tujak dan bisa ciri khas bagi kopi tersebut.

Nah anda juga bisa melakukan hal tersebut jika anda datang ke lokasi pembuatan kopi tujak, makanya jangan ketinggalan yuk kunjungi masyarakatnya dan nikmati kopi asli buatannya, rasa kopi nggak bisa di ceritakan anda bisa ceritakan sendiri dengan menikmati kopinya.

“Hajrul Azm”

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru