Evaluasi KUR Tahun 2017 Meningkatkan Ekonomi UKM

KMBOLO.COM—Bagian Ekonomi Setda Kota Bima bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kota Bima Tahun 2017.

            Kegiatan dilaksanakan di aula KPPN Bima pada 1 November 2017 lalu, dibuka oleh Staf Ahli Walikota Bima Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs M Saleh. Kemudian Kabid Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Ditjen Perbendaharaan Kanwil NTB Budi Darmanto hadir sebagai narasumber.

            Plt Kabag Humaspro Setda Kota Bima Syahrial Nuryadi SIP,MM menjelaskan, jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan itu sebanyak 21 orang, terdiri dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lingkup Pemkot Bima. Di antaranya Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Koperindag, dan Dinas Ketenagakerjaan; serta lembaga keuangan penyalur KUR yaitu BNI, BRI, BRI Syariah, Bank Mandiri dan Bank NTB. Pihak Otoritas Jasa Keuangan diwakili oleh Direksi Bank NTB.

            Syahrial mengatakan, sosialisasi dan evaluasi KUR ini dilakukan secara setiap tahunnya untuk mendukung penyaluran KUR secara tepat sasaran. KUR adalah kredit/pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) yang feasible. Maksudnya adalah usaha tersebut memiliki prospek bisnis yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan.

            UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak pada sektor usaha produktif antara lain pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam.

            Harapan dari kegiatan sosialisasi dan evaluasi tersebut dapat mampu mengidentifikasi isu-isu strategis dan tantangan dalam penyaluran KUR di Kota Bima.(adi)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru