Batik SASAMBO di SMKN 5


Tidak banyak yang tahu, NTB juga memiliki batik khas yang dinamakan batik SASAMBO. Nama batik yang diambil dari tiga suku di NTB ini, Sasak, Samawa, Mbojo, pertama kali dilaunching oleh gubernur NTB pada tahun 2009 yang lalu.

Ciri khas batik Sasambo adalah motifnya berbeda dari batik lain. Motif batik ini biasanya diadaptasi dari desain tradisional Lombok seperti Bale Lumbung rumah khas Lombok, kangkung yang merupakan bahan utama pembuatan pelecing, made sahe (mata sapi), motif kakando, dan beragam desain tradisional lainnya.

Konsumen batik Sasambo sangat beragam. Dari para pejabat di Dinas Pendidikan, walikota, sekolah-sekolah, sampai wisatawan asing. Bahkan menurut pengakuan Ahyar Suharno, S.Sn humas SMKN 5 Mataram, sekolah yang memiliki galeri batik Sasambo, pernah ada surat edaran walikota untuk menggunakan batik Sasambo pada hari tertentu di seluruh instansi pemerintahan Kota Mataram.

Salah satu sentra batik Sasambo yang cukup terkenal adalah Galeri Batik Sasambo SMKN 5 Mataram, namun galeri ini belum memasarkan batiknya secara online. Jika ingin memesan, pembeli harus datang lansung ke galeri tersebut yang berada di dalam lingkungan sekolah. (nov)


Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru