Tingkatkan Hasil Pertanian Dengan Pupuk Mikoriza

Upaya Meningkatkan Hasil Tanaman Bawang Merah Dengan Aplikasi Pupuk Mikoriza di Desa Senteluk Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Inilah tema penyuluhan pertanian yang diperuntukkan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Senteluk Batulayar. Penyuluhan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Senteluk 1 Agustus pukul 09.00 wita. Peserta Penyuluhan ini terdiri dari para petani se-Desa Senteluk. Dalam penyuluhan yang digalang oleh Fakultas Pertanian Universitas Mataram ini, peserta menyimak materi dengan sangat khusu’ dan semangat.

Penyuluhan yang dipandu langsung oleh Dr. Ir. Wahyu Astiko ini menjelaskan bagaimana kualitas pupuk organis Mikoriza. Khususnya untuk Bawang Merah guna mendapatkan hasil yang terbaik. Termasuk di dalamnya dosen Unram ini menjelaskan kelebihan menggunakan pupuk Mikoriza. Disamping murah, kualitasnya juga bisa dibuktikan asalkan digunakan dengan baik dan tepat, demikian penjelasan Wahyu Astiko di Aula Kantor Desa Senteluk.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, masyarakat petani juga tak luput dari perkembangan dan kemajuan sarana dan prasarana pendukung, terang sang dosen. Selain menjelaskan secara panjang lebar fungsi dan keunggulan pupuk organic ini, harapan bapak yang bertugas di Fakultas Pertanian ini adalah agar dapat mensejahterakan para petani merupakan sasaran utama.

Lebih jauh pemateri menyinggung bahwa selama ini masih ditemukan para petani yang hanya sekedar bercocok tanam, tanpa menggunakan ilmu pertanian. Kebanyakan dari kita merupakan petani turunan, bisa nanam, mencabit, dan sejenisnya, bertani jalan terus, syukur-syukur adalah penyuluh yang ditugaskan sebagai konsultan tempat berkeluh-kesah terkait masalah hasil pertanian, kata Wahyu. Sebagaimana diketahui, Desa Senteluk merupakan Desa tempat banyak berkumpulnya para petani. Semoga dengan mengikuti penyuluhan ini, ilmu mereka bertambah ujar Sekdes Senteluk, Ahmad Syaifudin di Kantor Desa Senteluk. []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru