Pengurus BUMDES Batu Layar Dikukuhkan

Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Batulayar bertempat di Aula Kantor Desa Batulayar resmi dikukuhkan oleh Kepala Desa Batulayar, H.M. Nur Taufiq, Kamis 25/05/17. Dengan mengundang BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita, tokoh pemuda pengurus BUMDES baru kini digawangi oleh Nyoman Jelantik sebagai Ketua. Jelantik didampingi Ana sebagai Sekretaris dan Mareah sebagai Bendahara yang membawahi divisi-divisi.

“Saya lahir dan dibesarkan di Desa Batulayar, untuk itu kawan-kawan mari kita perjuangkan Desa kita. Setelah melihat asset-aset yang dimiliki oleh Pemerintahan Desa Batulayar, saya berpikir begitu banyak peluang dan pekerjaan yang harus kita selesaikan bersama, semua tidak akan berarti tanpa dukungan dari elemen yang ada”, demikian pembukaan Nyoman Jelantik, SH di hadapan para undangan yang hadir.

Kata-kata pembukaan di atas merupakan potongan dari sambutan yang disampaik Ketua BUMDES Desa Batulayar usai dikukuhkan. Setelah Jelantik, giliran Kepala Desa Batulayar yang memberikan arahan terkait eksistensi BUMDES. Acara Sakral ini (pengukuhan) merupakan acara sacral, amanah dari Undang-Undang Desa. Disamping itu pengukuhan ini sesuai hasil rapat pembentukan pengurus yang telah dilangsungkan pada hari Senin, 22 Mei 2017.

Keberadaan BUMDES Desa Batulayar disorot secara tajam oleh Taufiq selaku Kepala Desa. Substansi dari BUMDES adalah menuju Desa Mandiri. Itulah salah satu tujuan mengapa Badan Usaha Milik Desa ini sangat perlu dikembangkan. Selain itu, potensi wilayah yang dimiliki Desa Batulayar pada dasarnya tidak terlalu tertinggal daripada desa-desa lain. Kalau berbicara masalah potensi, kita sarat dengan potensi. Pengolahan Minyak Kelapa, kesenian, panorama alam, dan lainnya, demikian urai Kepala Desa Batulayar. Lebih jauh Taufiq mengatakan bahwa bila berkaca dengan potensi yang ia maksud Bumdes bisa dijadikan sebagai wahana produktif bagi desa yang pada akhirnya dapat memberikan peluang atau lapangan pekerjaan.

Taufiq mendeskripsikan Desa-desa maju seperti di Tanah Jawa bahwa peran BUMDES sangat besar dalam membantu roda pemerintahan. Memang awalnya, tidak langsung besar dan berkembang, namun sedikit demi sedikit, dengan niat yang baik insyaAllah akan terwujud, tambah Kepala Desa. Usa memberikan pencerahan, acara yang berdurasi kurang satu jam tersebut diakhiri do’a yang dipimpin oleh Penghulu Desa Batulayar, Sayuti.  [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru