Mandiri Dengan Kaligrafi

Seiring dengan berkembangnya ekonomi kreatif diberbagai daerah, membuat para pemuda Desa Roi ini termotifasi untuk berkarya. Mereka yang tergabung dalam Komunitas Bombo Roi-Art (BBR-Art) ini membangun kreativitas melalui karya kaligrafi.   

Sejak dibentuknya Komunitas BBR-Art 2014 lalu, hingga kini keanggotaannya sudah mencapai 20 orang. Dan karya-karya mereka sekarang sudah mencapai puluhan hingga ratusan kaligrafi. Selain belajar ilmu tentang pembuatan kaligrafi, hiasan dinding dll, mereka juga belajar banyak hal tentang ilmu pengetahuan lainnya.

Karya-karya mereka ini tidak hanya disimpan dan di pajang saja di komunitas, akan tetapi mereka juga menjualnya diberbagai kalangan. Mereka pun menerima pesanan sesuai dengan yang diinginkan. Kaligrafi yang mereka buat di jual dengan harga yang bervariatif, tergantung jenis dan ukurannya yang Disesuaikan dengan keinginan dan pesanan dari calon pembeli.

Kaligrafi buatan pemuda Roi ini umumnya terbuat dari bahan logam kuningan berwarna keemasan dengan bingkai fiber dan kaca. Untuk satu kaligrafi dengan panjang 145 cm dan lebar 50 cm yang dilapisi dengan kaca setebal 5 mm dihargai 2-3 jt. Besar kecilnya harga tergantung besar kecilnya ukuran yang dipesan dan juga akan dilihat dari tingkat kerumitan pada proses pembuatan.

Menurut Ketua Komunitas BBR-Art mas Roy Js, dibentuknya komunitas ini untuk mengembangkan potensi pemuda lewat kreatifitas dan inovasi. Juga dengan harapan dapat mengurangi angka pengangguran di desa kami. Dan kami berkomitmen untuk membangun kesadaran diri dan generasi terhadap pentingnya saling menghargai dan menjaga kearifan lokal. Ungkapnya.

Meski mereka tidak mendapat bantuan dan perhatian dari pemerintah setempat. Mereka tetap semangat membangun kemandirian diri dan kelompok lewat karya nyata. Semestinya pembangunan dan pembinaan SDM secara berkelanjutan adalah hal yang harus dilakukan, karena melalui pemudalah daerah dan bangsa ini berkembang dan maju. (Ardi) -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru