Berkah Ramadan Penjual Kelapa Muda

KM. Sukamulia – Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh dengan hikmah dan kemuliaan. Hikham Ramadhan bukan hanya dirasakan dari aspek religious saja, namun dari aspek ekonomi, bulan suci ini juga banyak sekali mengandung hikmah dan barkah bagi orang-orang yang benar-benar mau memanfaatkan momen kedatangan bulan teresebut. Pada artikel kali ini, kami hanya ingin bercerita mengenai berkah yang Bulan Ramadhan bagi para penjual kelapa muda yang ada di sekitaran Desa Pringgabaya.

Jika anda berjalan-jalan di sekitar jalan Raya Pringgabaya – Labuhan Lombok anda akan melihat jejeran para penjual kelapa muda. Hal tersebut tidak akan anda temukan pada bulan lain, kecuali pada Bulan Ramadhan. Wilayah Pringgabaya merupakan salah satu wilayah penghasil kelapa, di sekitaran kecamatan Pringgabaya terdapat banyak sekali lahan perkebunan kelapa yang dikelola oleh warga. Nah, biasanya warga hanya menjual buah kelapa yang sudah tua saja, tetapi pada bulan Ramadhan banyak warga sekitar yang memanfaatkan momen Bulan Ramadhan untuk menjajakan buah kelapa muda mereka di pinggir jalan.

Menurut keterang yang kami dapatkan dari beberapa orang penjual kelapa muda yang berjualan di sekitaran jalan raya Pringgabaya – Labuhan Lombok, kegiatan berjualan kelapa muda merupakan kegiatan musiman. Warga hanya menjual kelapa muda pada Bulan Ramadhan saja sebab pada bulan tersebut banyak warga yang membutuhkan kelapa muda sebagai menu buka puasa. Momen itulah yang kemudian mereka manfaatkan untuk mencari rizki dengan jalan menjual kelapa muda di sekitaran pinggir jalan.

Banyak untuk yang didapatkan oleh penjual kelapa muda sebab pada saat ini jika ia menjual kelapa tua maka perbijinya ia mendapatkan uang sejumlah Rp. 4.200. Sedangkan kelapa mudanya ia jual dengan harga Rp. 8.000/biji. Yach, harganya dua kali lipat dari kelapa yang sudah tua. Dengan demikian para penjual kelapa muda bisa mendapatkan untung yang lumayan besar.

Bukan hanya itu, di luar Bulan Ramadhan warga yang biasa menjual kelapa muda kepada para pedagang Es Kelapa Muda menjual kelapa mudanya dengan harga Rp. 4.000 hingga Rp. 5.000/biji. Dengan demikian, pada bulan Ramadhan mereka mendapatkan untung yang cukup besar, ya dari Rp. 5.000, kelapa mudanya dijual dengan harga Rp. 8.000/biji. Ini memang betul-betul berkah bulan suci.

Rusli (salah seorang penjual kelapa muda di tempat itu) mengatakan bahwa bagi kami Bulan Ramadhan memang membawa berkah yang cukup besar. Saya sendiri selalu menjual kelapa muda di setiap Bulan Ramadhan, itu saya lakukan sejak tiga tahun lalu dan sekarang banyak sekali kawan-kawan yang iku menjual kelapa muda di sekitaran jalan ini. Hal itu kami lakukan sebab pada bulan suci ini banyak sekali orang yang membutuhkan kelapa muda.

Setiap harinya saya bisa menjual 30 hingga 50 biji kelapa muda, begitu juga dengan kawan-kawan lainnya. Kelapa muda yang kami jual ini kami ambil dari kebun kami sendiri sehingga kami merasa momen bulan suci ini sangat berkah bagi kami, tambah warga Desa Pringgabaya itu.

Dari keterangan yang telah diberkan Rusli tadi maka jelaslah bahwa Bulan Ramadhan memang memberikan berkah bagi para penjual kelapa muda yang beroprasi di sekitaran jalan raya Pringgabaya Labuhan Lombok itu. Jika pada bulan lainnya mereka hanya menjual kelapa muda dengan harga Rp. 4.000 hingga Rp. 5.000/biji maka pada Bulan Ramadhan mereka dapat menjual kelapa muda dengan harga Rp. 8.000. Bayangkan saja jika setpa harinya mereka bisa menjual 30 biji kelapa muda maka pendapatan mereka selama Bulan Ramadhan cukuplah besar.

Kita hitung saja kawan, 30 x 8.000 = 240.000, itu pendapatan minimal mereka dalam satu hari. Jika mereka berjualan selama bulan puasa, ya hitunglah 29 hari maka Rp. 240.000 x 29 hari = Rp. 6.960.000. Dengan demikian, selama bulan puasa mereka bisa mendapatkan penghasilan sejumlah Rp. 6.960.000. Itu merupakan pendapatan yang cukup besar, lebih-lebih kelapa muda yang mereka jual adalah hasil kebun mereka masing-masing. Bahkan itu melebihi gaji pegawai negeri, heheeee asykkk. Selamat ya bapak/ibu/saudara penjual kelapa muda. Semoga penghasilan yang bapak/ibu/saudara dapatkan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

_By. Asri The Gila_ () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru