Pabrik Es Jala Bisa Layani 5000 Ton Ikan

KM Bali 1, Dompu-Pembangunan Pabrik Es di Desa Jala hampir selesai. Sebentar lagi masyarakat dompu terutama nelayan yang membutuhkan suplai es tidak perlu lagi mencari es di luar daerah untuk mengawetkan ikan hasil tangkapannya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Perikanan Budidaya Ir. Wahiddin kepada wartawan usai melakukan rapat di Gedung DPRD Dompu pekan lalu.

“Sejauh ini pembangunan fisik sudah ada, mesin juga sudah ada, tinggal menunggu suplai listrik dari PLN”, jelas Wahiddin. Lebih jauh ia menambahkan, dengan kapasitas produksi es 10.000 ton per hari, Pabrik es ini diharapkan dapat melayani minimal 5000 ton ikan per harinya.

Dalam pengelolaannya, pihak Dinas Perikanan sudah menargetkan untuk melibatkan masyarakat sebagai pihak yang mengelola langsung sisi bisnis dan keuntungan pabrik ini nantinya. Menurut wahiddin, hingga hari ini masyarakat calon pengelola disebutkan harus berbentuk lembaga berbadan hukum terutama koperasi. “saat ini kami masih seleksi, koperasi mana yang akan tangani pabrik ini”, jelas Wahiddin.

Koperasi yang lolos seleksi sebagai pengelola, akan dilatih terlebih dahulu oleh tim ahli baik dari segi teknik produksi dengan mesin hingga pengelolaannya”, kata KPA pembangunan pabrik ini. Wahiddin juga berharap, dengan adanya pabrik es ini maka akan ada sumber pendapatan asli daerah baru dari sektor perindustrian.[Oz] -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru