Pemkab Permudah Pengurusan Izin Usaha Micro

KM Bali 1, Dompu- Pemerintah daerah Dompu saat ini sedang giatnya mendorong tumbuhnya usaha-usaha kecil dan micro dengan tujuan meningkatkan perekonomian lokal di daerah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah didelegasikannya kewenangan penerbitan izin usaha kecil dan mikro dari Bupati Dompu kepada Pemerintah Kecamatan setempat.

Demikian dijelaskan Juliansyah Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Ekonomi Kabupaten Dompu. Pelimpahan kewenangan tersebut diatur dalam peraturan Bupati nomor 22 tahun 2015 tentang pendelegasian kewenangan pelaksanaan izin usaha mikro dan kecil. Dengan dialihkannya kewenangan ini masyarakat yang memiliki usaha mikro dan kecil dapat lebih mudah dalam mengurus legalitas usahanya sehingga dapat lebih mudah mendapatkan akses permodalan, baik bantuan sosial dari pemerintah atau kredit usaha dari perbankan.

Saat ini ungkap Juliansyah, pihaknya sedang berkoordianasi dengan semua pemerintah kecamatan di kabupaten dompu untuk mengkoordinasikan tentang perbup yang baru tersebut. “saat ini sesuai koordinasi kami dengan pemerintah provinsi, kami akan melakukan kordiansi dengansemua camat di kabupaten Dompu untuk mensosialisasikan perbub ini”, ungkap Juliansyah.

Dalam pengurusan izin ini dikatakan Juliansyah, pengusaha tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Dengan demikian masyarakat tidak akan terbebani oleh biaya-biaya dalam pengurusannya, sehingga asyarakat terdorong untuk membangun suatu usaha yang memiliki legalitas hukum.

Terkait adanya kewenangan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) dalam menerbitkan izin usaha, Juliansyah menegaskan bahwa hal tersebut kembali kepada pilihan masyarakat. “yang mau mengurus izin usaha mikronya kepada KPPT silahkan dan yang mau mengurus izinnya dengan memanfaatkan perbup ini silahkan. Yang jelas kalau mengurus izin dengan memanfaatkan perbup ini yakni melalui camat itu gratis. Tidak ada biaya”, kata Juliansyah yang dikonfirmasi di ruang kerjanya pekan lalu.[Oz] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru