Menekan Angka Kemiskinan Melalui BUMDes

Kalimango, Alas. Pemerintah Desa Kalimango merencanakan pembentukan Badan Keuangan Milik Desa (BUMDes) sebagai solusi menekan angka kemiskinan di Desa Kalimango yang mencapai 200 Kepala Keluarga (KK) yang sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010/2011.

BUMDes merupakan solusi yang bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat atau lembaga simpan pinjam.  Lembaga ini bisa meringankan beban masyarakat yang perekonomiannya rendah dan menjadi wadah pengembangan usaha masyarakat yang mayoritasnya sebagai petani dan pedagang.

BUMDes juga meminimalisir bunga pinjaman warga yang selama ini meminjam di koperasi liar dan rentenir dengan bunga yang cukup besar dan memberatkan beban masyarakat. Hal tersebut seperti yang diungkapkan Kepala Desa Kalimango, Mala.

Pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 1 Milyar yang dijanjikan pemerintah pusat nantinya yang akan menjadi modal awal pembentukan lembaga tersebut. ADD yang saat ini masih minim untuk membangun sebuah lembaga keuangan. Tutur kades Kalimango

Pemerintah Desa Kalimango berharap dukungan serta partisipasi pemerintah Daerah dalam mewujudkan perencanaan tersebut agar angka kemiskinan dapat diminimalisir yang tentunya melalui lembaga keuangan milik Desa tersebut. []- 05

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru