Pelabuhan Gili Mas Solusi Bongkar Muat Padat

LOBAR-PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III merencanakan pembangunan pelabuhan di Gili Mas Lombok Barat. Pelabuhan yang diberi nama Terminal Gili Mas ini rencananya akan mulai dibangun 2015 dan akan beroperasi 2017.

General Manager PT Pelindo III Lembar, Mujiono menyampaikan, pengembangan pelabuhan ini untuk mengatasi keterbatasan atau padatnya bongkar muat di Pelabuhan Laut Lembar. Dimana seringkali kapal-kapal yang akan melakukan bongkar muat harus rela menunggu selama empat sampai lima hari. Terlebih Pelabuhan Laut Lembar hanya bisa melayani sebanyak empat kapal (panjang kurang lebih 100 meter) untuk satu kali bongkar muat. “Kalau Terminal Gili Mas ini nantinya akan bisa menampung sampai delapan kapal sekaligus untuk bongkar muat,” jelas Mujiono beberapa waktu lalu.

Selain itu juga nantinya pelabuhan di Gili Mas ini rencananya akan menjadi tempat sandar Kapal Pesiar Cruise yang selama ini tidak bisa bersandar di Pelabuhan Lembar karena ukurannya. Selama ini Kapal Pesiar Cruise menurunkan penumpang di Teluk Lembar, lantas penumpang menggunakan skoci untuk menepi ke darat.

Pada Terminal Gili Mas ini rencananya akan dibangun dermaga sepanjang 1.870 meter, lebar 60 meter, dengan kedalaman -14 mWLS atau kedalaman 14 meter di bawah permukaan terendah air laut. Luasnya sendiri mencapai 21,94 hektar.

Keterangan Foto: Bongkar muat barang di Pelabuhan Laut Lembar

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru