Stock Beras Bulog Stabil Hingga 2015

KM Nggusuwaru – Stok Beras Badan Urusan Logistik Sub-Divre II Bima masih stabil. Hingga hari ini stock beras yang tersimpan sebanyak 11.402 ton, yang tersimpan pada gudang Bulog Kabupaten Dompu, Jatiwangi Kota Bima, dan Bolo Kabupaten Bima. “Jadi untuk Dompu, Kota dan Kabupaten Bima tidak perlu kuatir karena stock beras aman sampai tahun 2015,”  kata Kepala Perum Bulog Sub-Divre Bima, Raden Gunadarma, Senin 15 Desember 2014.

Dia mengatakan selain stock aman, pihaknya juga  membantu wilayah Propinsi lain, khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Di Propinsi NTT mendapatkan pasokan beras dari wilayah Bima. “Sesuai fungsinya, Bulog Sub Dirve Bima memberikan pemerataan stock nasional dan stabilitas stock secara nasional,” jelas pria yang pernah bertugas di Bulog Aceh ini.

Menurut Gunadarma, penyaluran beras dari Bima Provinsi NTB ke Provinsi NTT sudah dilakukan sebanyak 17.525 ton. Penyaluran atau perpindahan dari provinsi ke provinsi ini disebut move nasional atau disingkat movnas.

“Movnas, karena stock beras di Bima lebih banyak maka perlu membantu ketersediaan beras wilayah provinsi lain,” terangnya.

Selain kegiatan movnas, kata Awang, sapaan akrabnya, Perum Bulog Sub-Divre Bima mengadakan operasi pasar. Yaitu menjual beras dengan harga lebih murah dari harga pasaran.

Operasi pasar telah dilaksanakan sejak Oktober  2014 lalu. Bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota dan Kabupaten Bima. (AL) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru