Menjemput Recehan

KM. Sopo Ate: Menabung tetap untung! Demikian inti paparan petugas BRI Unit Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah dalam acara sosialisasi program BRI di SMA Negeri 1 Batukliang Junat, 6 Desember 2014 sebagai salah satu bentuk kepedulian dan peran serta semua pihak untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Setelah melalui program pemberian kredit kepada masyarakat tertentu yang memenuhi persyaratan, Bank Unit tersebut berinisiatif memasyarakatkan programnya dengan jalan turun langsung dan berhadapan dengan masyarakat sebagai sunber daya. Dipilihnya sekolah sebagai sasaran utama karena siswa akan memasuki  usia produktif yang akan menjadi modal pembangunan bangsa.

Karena itu, mereka harus dipersiapkan sebagai pelaku pembangunan ekonomi maupun pembangunan sektor lainnya. Melalui program rajin menabung akan membentuk sikap produktifitas yang tinggi yang akan berimbas pada pembentukan sikap lainnya yang sangat bermanfaat bagi yang bersangkutan. Banyak kemudahan yang akan dirasakan bila siswa memiliki rekening BRI, apalagi anak-anak yang akan melanjutkan studinya ke luar daerah.

Perlu dipahami, bahwa menabung memang berangkat dari jumlah kecil. Mengingat kembali pepatah lama, “sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit” adalah kekuatan yang beralaskan kesabaran tinggi, ungkap petugas Bank Unit tersebut. Lebih lanjut urainya, bahwa menabung mampu menghindari diri dari sikap boros. Suatu sikap yang sangat merugikan diri sendiri untuk mengarungi kehidupan masa depan karena tingkat kompleksitasnya sangat tinggi. Karena itu, mereka beringan langkah untuk datang menjemput recehan-recehan yang berserakan.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Kepada siswa yang menjawab dengan benar, BRI Unit Mantang itu menyiapkan beberapa jenis hadiah seperti tas sekolah, buku tulis, dan lain-lain. Pertanyaan yang berkisar jenis tabungan BRI, ATM dan lain-lain. Para siswa tentu memasang telinganya dengan baik karena hadiahnya cukup menarik.

Pertanyaan rebutan itu membuat suasana hidup, tapi petugas juga tak mau kalah akal. Mereka membagi tugas untuk memperhatikan para siswa yang mengangkat tangan terlebih dahulu, maka dialah yang ditunjuk untuk mejawab. Seorang siswa sangat berterima kasih dan gembira sekali karena dia mendapatkan tas sekolah atas jawabannya yang benar. Demikian siswa yang lainnya berusaha untuk menjawab dengan benar. Bersamaan dengan itu, petugas yang lainnya membagikan alat tulis berupa ballpoint kepada siswa secara gratis.

Demikian salah satu program BRI Unit Mantang Kecamatan Batukliang sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menabung khususnya kepada generasi muda. Nilai berikutnya yang terkandung dalam kegiatan tersebut adalah bahwa nilai maksimum kita peroleh dari sekumpulan nilai minimum di suatu sisi, dan terbentuknya sikap percaya diri yang terbungkus oleh sifat kesabaran di pihak lainnya akan mampu mempertemukan antara sumber daya manusia yang tangguh dengan cita-citanya.

Oleh sebab itu, kegiatan menabung memiliki fungsi ganda, yaitu modal dan kepribadian. Setelah kegiatan tersebut berakhir, beberapa siswa langsung membuka rekening. Memang kegiatan menabung tidak pernah berkenalan dengan kata sia-sia.  (jafar) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru