Lele Peluang Bisnis yang Menjanjikan

KM LENGGE WAWO,-  Kelompok usaha bersama budidaya lele di desa Maria kecamatan Wawo ditinjau oleh pendamping dari Dinas kelautan dan perikanan kabupaten Bima, Sabtu (15/11)di lokasi budidaya Lewiruma RT 01 Kayangan desa Maria. Dua orang pendamping ini mengunjungi kelompok usaha bersama untuk membimbing dan pembinaan terhadap kelompok yang mendapatkan bantuan pengembangan usaha minat pedesaan (PUM) dari dana APBN tahun 2014.

Pendamping PUM dari Dinas perikanan dan kelautan kabupaten Bima Zulkifli, SP mengatakan tahun 2014 hanya 3 kelompok yang mendapatkan bantuan  pengembangan usaha minat pedesaan (PUM) dari dana APBN, yaitu kelompok usaha bersama desa Maria kecamatan Wawo, desa lewintana kecamatan Soromandi dandesa Kenanga kecamatan Bolo.

Bantuan yang diberikan kepada kelompok masyarakat ini meruapak dana APBN 2014 sebesar 35 juta perkelompok.  Untuk pengembangan kontstruksi dan pendampingan. Disamping itu diberikan juga 5 ribu bibit lele dan 750 ton pakan.

“Setelah diberikan bantuan untuk kelompok budidaya lele ini, tidak begitu saja kami lepas tetapi tetap kami pantau dan lakukan pembinaan terhadap anggota kelompok dalam memelihara perkembangan usaha budidaya lele ini. Misalnya masa seminggu setelah lele dilepas di kolam harus selektif diberi pakan maupun obat agar tidak banyak yang mati karena masih bibit”, ujar Zul.

Dalam hal pemasaran lanjut Jul, “pemerintah daerah siap menfasilitasi kelompok budidaya lele dengan para konsumen, baik yang dari daerah sendiri maupun luar daerah karena kebutuhan akan lele terutama rumah makan saat sekarang ini cukup banyak”, ujarnya.

 Jadwal pembinaan dan  pendampingan dilakukan berdasarkan jadwal 2 kali dama sebulan. Kunjungan ini disamping membimbing dalam hal teknis pemeliharaan bertujuan juga  untuk memantau perkembangan kelompok pengembangan usaha minat pedesaan (PUM) dari dana APBN tahun 2014.

Salahsatu anggota kelompok usaha bersama desa Maria Arman mengaku, sepertinya Pemerintah dalam mengembangkan usaha-usaha ekonomi kemasyarakatan cukup serius untuk membantu baik dari segi dana maupun bantuan langsung seperti bibit maupun pakan yang penting masyarakat giat untuk mengembangkan usaha ekonomi kreatif untuk kesejahteraannya.

“Pengembangan usaha untuk kesejahteraan masyarakat cukup banyak dialokasikan oleh pemerintah untuk pemuda seperti kami, yang penting tetap mau berusaha dan mengembangkan usaha ini. Budidaya lele maupun ikan air tawar merupakan usaha yang sangat menjajikan kedepan karena kebutuhan masyarakat akan mengonsumsi ikan sangat tinggi di Bima. Kemudian Kami berharap kepada pemerintah untuk tetap memperbanyak bantuan untuk usaha-usaha masyarakat”, kata Arman. http://lengge-wawo.blogspot.com/ (Efan) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru