Tidak Aktif,KUD Karya Makmur Bubar


Dengan sendirinya KUD.Karya Makmur Paok Motong Kabupaten Lombok Timur membubarkan diri, dalam acara pembubaran saya ikut hadir dalam kapasitas sebagai saksi dan pemberi arahan terkait cara pembubaran diri dan cara pembubaran oleh pemerintah.

Dalam pengarahan tersebut saya sampaikan ada 2 misi yakni pertama, jika kUD ini masih potensi maka siap akan di lakukan pembinaan oleh dinas, jika mau di gerakkan kembali. Karna Saya melihat assetnya cukup lumayan sehingga kami tertarik.

Saya anggap KUD Karya Makmur memilki keterbukaan pada saat mengajukan permohonan untuk menjadi koperasi dan pada saat beroperasi meminta berbagai hal, itupun atas kesepakatan anggota menyimpulkan akan mengakhiri KUD Karya Makmur karna tidak ada yang mengurus dan dengan kehendak sendiri ingin dibubarkan.

Terhadap keinginan pembubaran diri, maka Saya memberikan beberapa langkah yakni dengan membentuk Rapat Anggota Luar Biasa, sehingga terbentuklah 2 tim penyelesaian, Tim penyelesai sebanyak 9 orang dan akan bertanggung jawab kepada Tim Kuasa Rapat pembubaran yang berjumlah 3 orang. Tugas Tim Pembubaran dan Penyelesaian dengan melihat aturan yang tertuang dalam UU no 25 tahun 1992 pasal 50 dan pasal 51 yang berisikan:

Pembubaran dan penyelesaian:

Pasal 50

1.Apabila koperaAngsi bubar, maka perlu di lakukan penyelesaian pembubaran

2. Keputusan pembubaran koperasi ini oleh Rapat Anggota diberitahukan secara tertulis oleh Kuasa Rapat Anggota kepada semua kreditor-kreditor dan pejabat.

3. Untuk penyelesain pembubaran Koperasi berdasarkan Keputusan Rapat,pangenyelesaian ditunjuk oleh Rapat Anggota.

4. Untuk penyelesaian pembubaran Koperasi atas Keputusan pejabat penyelesai ditunjuk oleh pejabat.

5. Penyelesaian bertanggung jawab kepada Kuasa Rapat Anggota dan Pejabat dalam hal penyelesaian ditunjuk pejabat.

Pasal 51:

  1. Penyelesaian mempunyai hak, wewenang dan kewajiban sebagai berikut:

  1. Melakukan segala perbuatan hokum untuk dan atas nama KOperasi dalam penyelesaian.

  2. Mengumpulkan segala keterangan yang di perlukan.

  3. Memangil Pengurus, anggota dan bekas anggota tertentu yang diperlukan, baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama .

  4. Memperoleh,memeriksakan dan menggunakan segala catatan dan arsip Koperasi.

  5. Menetapkan dan melaksanakan segala kewajiban pembayaran yang di dahulukan dari pembayaran hutang lainnya.

  6. Menggunakn sisa Kekayaan Koperasi untuk menyelesaikan sisa kewajiban koperasi.

  7. Membagikann sisa hasil penyelesaian kepada anggota.

  8. Membuat berita acara penyelesaian.

Dari pemerintah sendiri Saya katakan, akan memberikan surat keputusan pembubaran apabila koperasi itu dengan segala hak dan kewajiban lembaga dan anggotanya yang di tuangkan dalam berita pembubaran Clear and Clean dalam jangka waktu 4 bulan, atas dasar itulah pemerintah akan mengeluarkan keputusan pembubaran dalam lembar Negara yang berisi bahwa KUD Karya Makmur Paok Motong Kabupaten Lombok Timur membubarkan diri dan sudah memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan UU no.25 pasal 46, jika tidak memenuhi sampai batas yang diberikan selama 4 bulan maka keputusan pembubaran tidak akan di keluarkan, dan diberikan kesempatan kepada Koperasi untuk meninjau kembali segala ketentuan yang berlaku.

Pada prinsipnya Kita di provinsi memberikan aparesiasi agar tidak menjadi catatan semata tetapi tidak ada aktifitas.

Oleh karna itu kami datang menyaksikan dan memberikan pengarahan. Kenapa kami datang, karna kami di undang diminta datang sekaligus memberikan pemahaman, kalau bapak mau hidupkan, kami akan melakukan pembinaan bersama kabupaten kota yang memiliki kewenangan karna koperasi berada di wilayah itu, jika memang demikian, kabupaten juga memberikan arahan dan juga kita menstresing arahan-arahan yang sifatnya tehnis sehingga tidak ada tuntutan dari anggota setelah dibubarkan.

Seluruh hak dan kewajiban dari lembaga termasuk kepada anggota dan pengurus harus sudah Clear dan Clean (terang dan bersih) tidak ada yang menjadi tanggungan. [] - 01


 


 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru