Evaluasi dan Survey Bagi UMKM


Usai saya membuka Diklat Tata Boga dan Konveksi saya sampaikan kepada media Suara NTB, Lombok Post dan Kampung Media bahwa pada tahun 2014 ini diskop UMKM NTB menggelar pelatihan sebanyak 33 angkatan dengan jumlah peserta sebanyak 990 orang. Jika di hitung dari jumlah peserta pelatihan disamping target penumbuhan 100 ribu wirausaha baru sejak tahun 2009 hingga 2013, kita akui target itu sudah tercapai dan diharapkan paling tidak 50% berhasil.

Saya pun katakan dengan 100 wirausaha baru itu, kira ramal saja kalau 50% berhasil itu sangat luar biasa, maka peningkatan perekonomian termasuk penyumbang besar bagi wirausaha baru, karna dengan diberikan bantuan alat dan mereka langsung mempraktekkan. Saya tidak terlalu tinggi menghayal, katakanlah pada tahun 2014 ini dari 900 peserta dan 50% saja berhasil dan menyumbang tenaga kerja 2 saja, itu sudah berapa ribu.

Untuk tahun 20014 ini dinas koperasi UMKM akan melakukan survey untuk memberikan gambaran by name bay addres tentang profile UMKM itu tentunya terterus dengan wirausaha baru yang jumlahnya 9800 ribu yang kemungkinan masuk dalam UMKM yakni mikronya, kemungkinan terjadi penambahan.

Melalui kerja sama dengan Unram untuk melakukan survey ini yang tentunya mengacu pada UU no.20 tahun 2008 tentang UMKM. Bahwa dengan adanya profile (by name by addres) ini bisa membidik semua, keterampilan apa lagi yang akan diberikan kepada UMKM selain wirausahabaru.

Selain itu akan adanya evaluasi pasca pelatihan atau pasca pelatihan oleh peserta pelatihan untuk mendengar apa yang menjadi harapan dari mereka. [] - 05


 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru