Pemimpin Desa Harus Miliki Jiwa Entrepreneur

Oleh : Zaenuddin

Pemuda Guntur Macan Gunung Sari

Sebut Saja Kepala Desa, pemimpin ditengah masyarakat yang memiliki pengaruh besar terhadap kesejahteraan sosial masyarakat setidaknya memiliki jiwa entrepreneur atau Jiwa pengusaha. Setidaknya dengan memiliki jiwa entrepreneur jiwa kepemimpinan secara otomatis akan mengikutinya. 

Dia yang bersentuhan langsung dengan masyarakat jauh sangat memungkinkan bisa merubah paradigma masyarakat untuk bisa mengerti tentang manfaat menjadi seorang entrepreneur, dibandingkan dengan pemerintah kabupaten atau kota apalagi pemerintah pusat.

Sejauh ini masyarakat kita selalu dihantui oleh tingginya drajat menjadi seorang pegawai negeri sipil, bahkan secara gamblang orang tua hanya bertujuan menyekolahkan anak anak mereka untuk bisa menjadi seorang pegawai. "mereka lupa sepuluh pintu rizki yang disiapkan Allah sembilan diantaranya ada di lingkaran entrepreneur".

Kekutan Jiwa entrepreneur dengan segudang jaringan yang dimiliki oleh seorang kepala desa akan bisa mempersiapkan SDM dan SDA yang ada di Lingkungannya.

Jiwa entrepreneur setidaknya bisa membaca peluang sebagai modal dasar ia telurkan untuk masyarakatnya,membangun presepsi memberikan solusi adalah pepaduan seimbang yang harus bisa ia manage dengan baik. 

Sehingga tidak ada lagi dalih, anggaran desa yang minim tidak mempuni untuk mendorong itu. Bagaimana memanfatkan SDA Desa??

Terlebih dahulu, silahkan survei keahlian apa yang dimiliki oleh masyarakat, jika memungkinkan seorang kepala Desa bisa menjadikan ia sebagai tutor untuk berbagi kemampuan dengan masyarakat lainnya. Disini akan berlaku kemampuan melobi yang dimiliki oleh jiwa entrepreneur atau dengan kata lain ia mampu mengeksplor dengan meyakinkan masyarakat lainnya.

Selanjutnya dengan  jaringan yang dimiliki seorang kepala Desa bisa memanfaatkan jaringan tersebut baik sebagai tutor maupun sebagai mitra kerjasama bisnis, dengan begitu masyarakat tidak lagi bingung dengan sistem marketing yang selalu menjadi kendala.

Selebihnya peluang peluang kecil juga bisa diciptakan dengan kemampuan skill kepala desa,"ya setidaknya kepala desa punya skill yang bisa di infakkan untuk masyarakatnya tanpa mengharap pamirh apapun".Iklas berbagi. 

Tentu jiwa ini sangat berlaku di desa manapun ia memimpin, terlibih di Kabupaten Lombok Barat,yang memiliki potensi besar dari segi SDA dan SDM yang ada. 

 

- 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru