Dari Sampah, Omset Jutaan Rupiah

Pengelolaan sampah adalah pengumpulan, pengangkutan, pemerosesan, pendaurulangan, atau pembuangan dari material sampah. Praktek pengelolaan sampah sistem prosesnya dari tempat satu ketempat yang lain berbeda beda, berbeda juga antara daerah perkotaan dengan daerah pedesaan. Begitulah sedikit pemaparan tentang pengolahan sampah yang disampaikan H. Adnan.

Ketika KM-Lingsar berkunjung ke salah satu pabrik pengolahan sampah miliknya yang ada di Dusun Dasan, Desa Duman. Keyakinan beliau menggeluti dunia usaha pengolahan sampah terutama sampah plastik semakin kuat, itu dikarenakan sudah memiliki pengalaman yang cukup, dan juga di daerah Lingsar ini belum ada perusahaan yang menggeluti bidang tersebut. selain membantu pemerintah yang ada di Kecamatan Lingsar dalam menjaga kebersihan lingkungan. Keberadaan pabriknya tersebut juga menjadi berkah, karena banyak warga setempat yang dipekerjakan menjadi karyawannya.

Usaha yang sudah beliau tekuni ini hingga sekarang sudah berkembang dan dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi puluhan orang yang tersebar di beberapa pabrik pengolah sampah yang ada di Kabupaten Lombok Barat, dan sudah menghasilkan omset puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Seiring banyak bermunculannya pengolahan sampah nonorganik membuat persaingan menjadi sangat ketat, namun karena H.Adnan sangat lama menggeluti bisnis tersebut mebuatnya tidak risau karena sudah memiliki jaringan yang kuat ke bawah, dengan kata lain sudah banyak memiliki anak buah yang juga memiliki tempat penampungan sampah yang tersebar di setiap kabupaten. (03).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru