Padi Mati, Petani Rugi

KM TNC. Memasuki masa panen para petani mulai merasa was-was apakah padi mereka masih bisa diambil atau tidak, kenapa? karena beberapa padi para petani mulai terlihat kecoklatan seperti padi yang tidak berisi/mati. H Ruslin  petani asal Rabadompu mengeluhkan kejadian tersebut  "padi-padi kami banyak yang mati/tidak berisi (biji mati)" ungkapnya dilingkungan setempat Senin (10/03).

Hal senada juga diungkapkan Syafruddin petani asal Rabangodu "padi kami banyak yang biji mati, sebelumnya kami sudah melakukan berbagai cara untuk supaya padi kami tumbuh sehat dan memiliki banyak biji namun yang terjadi seperti ini" ungkapnya dengan cemas.

"beberapa petani sudah lebih awal memanen karena terlihat banyak padi yang tidak berisi seperti yang terlihat disekitar Puskesmas Penana'e maupun SMA PGRI Kota Bima dan kejadian ini merata di Kota Bima" lanjutnya.

Beberapa petani mengeluhkan kejadian seperti ini karena jarang sekali padi mereka biji mati seperti sekarang ini, tidak bisa dipungkiri karena memang untuk daerah Bima dan Kota Bima beberapa waktu lalu hujan jarang turun sehingga padi yang seharusnya membutuhkan asupan air terhambat sehingga seperti ini.

"selain akibat kejadian alam namun sedikit tidak ada jalan keluar yang diberikan oleh instansi-instansi terkait akibat kejadian ini" harapan beberapa petani setempat. Alamsyah - (01)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru