Pemkab Diminta Kembangkan Komoditas Unggulan

MENTERI Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Ir H Ahmad Helmy Faishal Zaini usai pertemuannya dengan Bupati Bima, Drs H.Syafruddin HM Nur M.Pd, Jum’at, 21 Februari 2014 di vip Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima bisa mengembangkan komoditas unggulan yang dimiliki daerah. Seperti jagung, dan rumput laut untuk terus dikembangkan.

“Kami siap memberikan pendampingan, seperti peningkatan produksi. Kami juga bisa ajak beberapa investor untuk mengembangkan olahannya,” kata kader PKB ini.

Menurut dia, pengembangan industri hilir di Bima masih kurang maksimal. Seperti halnya jagung yang masih dijual Rp 2500, per kilogramnya. “Kalau kita bisa kembangkan harga jagung per kilo itu bisa sampai Rp 9000. Persoalan ini harus terus diperhatikan untuk membangun perekonomian masyarakat,” katanya.

Helmy juga menyoroti rendahnya IPM di wilayah NTB, khususnya Bima. Selain itu, pendidikan, kesehatan dan kemiskinan harus terus dibenahi. “IPM di Bima berada pada urutan terakhir pada skala nasional. Kita harapakan IPM ini bisa ditingkatkan lagi,” pesannya.

 

Di samping itu Helmi memberikan support kepada Bupati yang baru dilantik dalam melaksanakan tanggungjawab baru sebagai kepala daerah Kabupaten Bima. “Semoga bisa kerja keras, dan mengambil langkah-langkah dan terobosan baru untuk kemajuan daerah,” saranya.

Ia menambahkan, kedatangannya merupakan kunjungan silaturahmi dengan Bupati baru. Selain itu, guna memberikan beberapa bantuan dari program pembangunan kementriannya. “Saya cuma ucapan selamat kepada Bupati baru, karena saat pelantikan saya tidak bisa hadir walaupun diundang,” ujarnya.

Bupati Bima, H.Syafruddin yang didamping sejumlah pejabat lainnya mengatakan, kedatangan menteri tersebut untuk memantau perkembangan daerah. Selaian itu, menteri telah memberi bantuan sebesar Rp 28,8 Miliar untuk bantuan program KPDT tahun 2014. “Tadi sudah diserahkan bantuan secara simbolis berupa dana sebesar Rp 28 Miliar,” katanya.

Usai bertemu Bupati, menteri dan rombongan langsung menuju Kabupaten Dompu dengan agenda kunjungan yang sama. Pantauan media ini, hadir saat itu, artis Ridho Rhoma yang mendampingi pejabat tinggi di Kementrian PDT RI. Usai turun dari pesawat, rombongan langsung diarahkan menuju ruangan VIP. Hanya saja para wartawan tidak diperbolehkan meliput. (smd)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru