Silsilah Keluarga Yang Ruwet (Via Safari)

Silsilah dalam keluarga perlu diketahui secara turun temurun. Ini penting agar semua tau asal usul keluarga, orang tua, kakek nenek hingga buyut dan seterusnya hingga ahirnya dapat mengetahui akar sejarah keturunan. Namun bagi Abu Mardut justru bingung saat anaknya lahir.

“Abu Mardud lagi bingung padahal anak pertamanya baru saja lahir.” Kata Abu Macel pada Abu Bongoh.

“Anak yang lahir kan membuat kita bahagia. Apa yang membuatnya bingung?” Tanya Bongoh sambil menyeka keringat di ketiaknya.

“Masalahnya memang tidak sederhana, meski ini hanya persoalan sebutan dalam silsilah keluarga. Ia kan dulu menikah dengan seorang janda yang telah memiliki anak gadis.” Kata Macel.

“Menikah dengan janda yang telah punya anak itu kan soal biasa, apanya yang bingung?” Sela Guru Dolle.

“Justru disinilah masalahnya, anak gadis yang sekaligus menjadi anak tirinya itu telah dinikahi oleh ayah kandung si Mardud. Akibatnya anak tirinya itu sekarang menjadi ibu tirinya. Dan ayahnya otomatis menjadi menantunya. Terlebih lagi setelah anak si Mardud lahir, Bayi laki-lakinya kemudian menjadi saudara tiri ayahnya, sekaligus paman tirinya dan merangkap sebagai saudara laki-lakinya. Karena status anak perempuan janda yang menjadi ibu tiri si Mardud. bingung kan?” Kata Macel

“Bagaimana nanti kalau Istri ayahnya kelak mempunyai anak? akan membuat semakin ruwet saja, karena anak ayahnya sekaligus menjadi cucunya sebab isteri ayahnya adalah anak tirinya. Dan Istri si Mardud sekarang adalah ibu dari ibu tirinya. Lebih jauh lagi isteri si Mardud sekaligus adalah neneknya. Jika istrinya adalah neneknya, maka Mardud adalah cucu dari dirinya sendiri.” Kata Bongoh menambah keruwetan.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru