Daur Ulang Sampah Jadikan Produk Kreatif

 


KM.Mellbao: Dua jenis sampah organik gelas plastik, dan bungkus kopi adalah produk jarang dimanfaatkan. Bukan itu saja, botol plastik dan gelas air minum bisa diolah. Dengan pengolahan kreatif barang tersebut akan bisa menghasilkan rupiah. 

30 mahasiswa terlihat sibuk dengan sampah bawaan masing-masing. Karena keterbatasan waktu mereka membagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama mengolah sampah. sementara kelompok kedua menjual produk. (8/12/2013).

Bertempat di Tinggar, Ampenan semua mahasiswa antusias, begitu praktik dimulai, mereka fokus mendengarkan tahapan membuat produk pengolahan sampah  yang telah mereka bawa. Pemateri Rahman dari bank sampah mengatakan, sekaligus wakil koordinator sampah Kota Mataram, yakni memberikan pelatihan mengolah sampah terbuang menjadi produk menghasilkan rupiah.

"Kami dengan beberapa mahasiswa Kota Mataram melakukan pengumpulan terhadap sampah-sampah yang ada disekitar Kota Mataram. Tujuannya adalah melakukan daur ulang terhadap sampah tersebut, hasilnya juga bisa lumayan untuk uang belanja," ujarnya.

Sementara Oji mahasiswa Unram menjadi kelompok penjualan produk menambahkan, setelah sampah dikumpulkan di gudang. Kami akan memilih sampah-sampah tersebut untuk diolah menjadi bahan produk yang menghasilkan rupiah," tambah Oji. (yar)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru