logoblog

Cari

NTB Expo Ke 17 Ajang Promosi Dan Bergembira

NTB Expo Ke 17 Ajang Promosi Dan Bergembira

Pameran NTB Expo ke 17 tahun 2019 yang berlangsung di Pelataran Islamic Center Mataram resmi dbuka oleh Gubernur NTB Zulkieflimasnyah yang

Ekonomi

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
30 Agustus, 2019 14:03:28
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 1547 Kali

Pameran NTB Expo ke 17 tahun 2019 yang berlangsung di Pelataran Islamic Center Mataram resmi dbuka oleh Gubernur NTB Zulkieflimasnyah yang ditandai dengan pemukulan gendang belek oleh Gubernur NTB,Kementerian Perdagangan dan Deputi Pengawasan Kemenkop UKM RI dan PT.Solindo Duta Convex. NTB Expo ini ber langsung dari tanggal 29 Agustus s/d 2 September 2019 dan di buka dari pukul 10.00 wita sampai pukul 22.00 wita. 
Kadiskop UKM NTB H.lalu saswadi menagatakan dalam rangka menyikapi dinamika yang berkembang dalam pemgembangan usaha mikro kecil dan menengah yang masih memerlukan bimbingan dan perhatian dalam peningkatan usaha produk dan pengembangan produk yang bermutu,berkualitas dan masih membutuhkan serta membutuhkan fasilitas dalam mempromosikan produknya. Maka salah satu sarana yang masih relevan untuk memberikan harapan tersebut khususnya dibidang pemasaran adalah melalui Pameran NTB Expo ini.
Dikatakan Saswadi, peserta yang hadir dalam NTB expo ini berasal dari kalangan pemerintah provinsi dan kabupaten kota se NTB, kalangan UMKM dalam dan luar daerah. Jumlah stand sebanyak 98 unit, UMKM yang andil dalam pameran ini sebanyak 130 UMKM.
“Satu stand ada sekitar 8 sampai 10 UKM yang mengisi,karna UKM kita ingin ikut tampil dalam pameran NTB Expo ini”.Ujar Saswadi
Deputi Bidang Pengawasan Kemenkop dan UKM RI Suparno mengatakan semangat berkarya dan berkreasi para pelaku usaha mikro kecil dan menegah perlu mendapat perhatian dan fasilitasi dari berbagai fihak. Peningktan produk yang dihasilkan oleh para UMKM dan Koperasi mejadi sangat penting untuk diperhatikan terutama era globalisasi yang terbuka setiap tahunnya. Para pelaku usaha dituntut terus untuk menggali serta mengembangkan budaya untuk meningkatkan  keunikan karya budaya local yang dimiliki saat ini.
“Indusri kreatif salah satu sektor yang akan terus didorong sebagai salah satu penggerak ekonomi kerakyatan di pedesaan  yang mampu menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para pengerajin dan pelaku UMKM”. Kata Suparno
Lebih jauh Suparno mengatakan standarisasi dan Sertifikasi untuk produk unggulan perlu terus di tingkatkan baik dalam dan luar negeri, pengembangan pusat layanan usaha terpadu, program dari Kemenkop dan UKM RI di NTB dan Kampung Digital yang bersinergi dengan PT.Telkom.  Peningkatan SDM bebasis teknologi seperti pelatihan vokasional melalui media social, pemasyarakatan kewrirausahaan berbasis teknologi , pelatihan entrepreneurship, serta pelatihan berbasis kompetensi  bidang ekspor,. Kemenkop dan UM RI juga melakukan akses perluasan melalui pembiayaan kredit usaha rakyat dengan suku bunga 7% serta pengelolaan dana bergulir bagi KUMKM.
“Melalui NTB Exppo ini tidak saja dijadikan sebagai media promosi dan pemasaran tapi juga dijadikan sebagai media inspiratif edukasi,pengembangan wawasan, jejaring usaha serta mejadi nilai tambah bagi kinerja KUMKM di Indonesia khususnya NTB”. Menutup sambutannya 
Gubernur NTB Zulkieflimnasyah mengatakan tentu NTB Expo ini sudah banyak yang menunggu, dan tidak saja sebagai promosi tapi juga menyambung jaringan networking , perkenalan yang paling penting adalah bagaimana di pameran ini kita bisa bergembira.
“Saya ingat waktu kecil dulu . kayak kita tidak sababar menunggu sholat isya berakhir karna kita ingin cepat ketempat pameran  untuk bertemu dengan banyak orang, saya kira ini semakin lama dirindukan karna semakin sering kita bermain dengan HP semakin jaranbg berbicara dan berinteraksi  dengan orang lain, jadi NTB Expi ini mudah-mugdahan menjadi tempat kita bersenang senang bertemu sahabat lama, kerabat dan banyak manfaat yang bisa kita hadirkan ditempat expi ini ”. Ujar Zulkieflimansyah yang akrab disapa Bang Zul
Bang Zul berharap hadirnya Bank NTB, Leterasi Keuangan OJK, Bank Indonesia termasuk UNRAM dalam NTB Expo ini diharapakn menjadi PR untuk memperhatikan dan melakukan pembinaan terhadap UKM. 
Untuk diketahui bahwa Kegiatan Pamersan NTB ke 17 tahun 2019 ini terlaksana atas kerjasama pemerintah provinsi NTB dengan PT. Solindo Duta Convex dan panitia HUT RI ke 74, Hari UMKM Nasional dan Symposium APGN (Asia Fasifik Geofark Network) ke 6 tahun 2019. Terlaksananya NTB Expo ke 17 ini juga merupakan arahan dari gubernur NTB sekaligus rekomendasi dari Kemenkop dan UKM RI, Kementerian Perdagangan dan Dirjen Perindustrian RI.

 

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan