logoblog

Cari

Rahma Penenun Muda Dari Lelamase

Rahma Penenun Muda Dari Lelamase

(KM.Makembo )Rahma, sapaan akrabnya untuk sementara ini menganggur setelah tamat di SMA 3 Kota Bima setahun yang lalu. Rahma saat iji

Ekonomi

KM. Makembo
Oleh KM. Makembo
28 Juli, 2019 20:12:14
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 2074 Kali

(KM.Makembo )Rahma, sapaan akrabnya untuk sementara ini menganggur setelah tamat di SMA 3 Kota Bima setahun yang lalu. Rahma saat iji sedang mengumpulkan uang untuk kuliah di Perguruan Tinggi di Kota Bima. Sudirman, ayah Rahmah mengemukakan putrinya ingin kuliah ke Yogyakarta, tapi terbentur biaya dan rahmah adalah satu satunya anak perempuannya yang tinggal bersama mereka setelah kakak lakinya merantau ke Kalimantan.

Selembar kain tenun dibeli oleh pedagang dengan harga berfariasi, mulai dari Rp.200.000 hingga Rp.400.000. Motif garis dan bunga juga mendominasi perpaduan motif yang dihasilkan perempuan Lelamase. Rahmawati adalah salah satu dari sekian banyak "bunga desa" Lelamase yang menekuni aktivitas menenun.

Tentu tidak hanya di Lelamase, di sejumlaj desa juga masih banyak dijumpai aktivitas menenun yang dilakoni perempuan. Hampir di setiap rumah ditemui alat tenun dan perempuan menenun. Di musim kemarau mereka menenun dari pagi hingga petang dan bahkan malam hari. Di musim tanam mereka tetap menenun mengisi waktu senggang.

 

Baca Juga :


 



 
KM. Makembo

KM. Makembo

Pemimpin/Penanggungjawab : Ruslan. S.Sos ( Alan Malingi ) Bidang Pubdok/Kampung Media Ketua : Rahmat Hidayatullah Wakil Ketua : Dedy Kurniawan Sekretaris : Badrunsyah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan