logoblog

Cari

Koperasi Modern Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Koperasi Modern Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

  Sumbawa Barat. Diskominfo - Salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adalah melalui Koperasi. Koperasi yang kreatif dan memiliki inovasi

Ekonomi

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
11 Juli, 2019 20:08:08
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 1615 Kali

 

Sumbawa Barat. Diskominfo - Salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adalah melalui Koperasi. Koperasi yang kreatif dan memiliki inovasi akan memberikan nuansa baru dalam meningkatkan geliat ekonomi masyarakat. 

Koperasi hadir untuk mensejahterakan anggota dan masyarakat sekitar, memperbaiki kehidupan para anggota dan masyarakat di bidang ekonomi, mewujudkan masyarakat adil, maju, dan makmur dan membangun tatanan perekonomian nasional. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa Barat melalui Kepala Bidang Koperasi, Firmansyah, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/7/2019).

“Kehadiran Koperasi sangat signifikan, oleh karena itu ke depannya kami berencana membuat dan membina koperasi yang lebih inovatif yaitu Koperasi Modern”, kata Firmansyah.

Koperasi modern akan dikembangkan melalui pengembangan koperasi Syariah, tambah Firmansyah, dengan mengikuti pola modern seperti mengikuti pola ritel-ritel modern atau  pola penjualan yang langsung ditujukan kepada konsumen. 

Dengan adanya koperasi syariah ini diharapkan mampu bersaing dan mampu memajukan koperasi sesuai dengan asas koperasi dalam mensejahterakan anggota dan ikut membangun kabupaten Sumbawa Barat.

“Untuk itu kami mengharapkan dukungan dari semua pihak agar rencana ini dapat terlaksana dengan baik”, katanya.

Terkait rencana tersebut, Kepala Seksi Koperasi, Lalu Rizal Abdisalyabrata juga mengatakan, selain pelayanan simpan pinjam, Koperasi modern akan menyediakan dan melayani pembelian pulsa listri, boking tiket pesawat dan pembiayaan kendaraan bermotor. Hadirnya Koperasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini untuk mempercepat pelayanan, masyarakat tidak perlu boking dan bayar listrik ke tempat yang jauh, serta kemudahan dalam pembiayaan kendaraan bermotor, kalau koperasi ini jalan ya tinggal datangi aja koperasi di desa masing-masin,” tutur Lalu Rizal.

 

Baca Juga :


Untuk menerapkan Koperasi modern, sesuai dengan Kemerdagri Nomor 123/2018 tentang  pemberian dana hibah kepada Koperasi dari sumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pihak Disperindagkop sedang berencana untuk menganggarkan dana hibah untuk tahun 2020 yang akan diberikan kepada beberapa koperasi yang memenuhi syarat untuk menjadi Koperasi Modern. 

Di antara persyaratan dan kualifikasi yang akan menerima dana hibah tersebut salah satunya adalah Koperasi yang telah melakukan RAT minimal dua tahun berturut turut.

“Kami tidak serta merta memberikan dana tersebut, jika anggaran disetujui maka untuk tahun depan kami akan menganggarkan dana hibahnya. Dana hibah juga dianggarkan sesuai dari kemampuan Daerah, jadi mungkin beberapa saja untuk awalnya,” tutur nya.

Diskoperindag juga tetap melakukan pembinaan, monitoring kepada koperasi, memeriksa keuangannnya, penilaian kesehatan dan kelembagaan koperasi serta membantu koperasi yang masih kesulitan dalam membuat laporan keuangan.

Diskoperindag memiliki empat orang Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) yang terbagi di empat wilayah di KSB. 

Salah satu PPKL Wilayah Taliwang, Lisna Tarida mengatakan bahwa Setiap bulan PPKL mengawasi sejumlah Koperasi secara bergiliran. Di KSB terdapat 506 Koperasi, dari jumlah tersebut dikurangi 127 Koperasi yang tidak aktif, ditambah lagi 50 Koperasi yang telah diajukan untuk dibekukan karena tidak aktif. Sehingga Total koperasi yang aktif adalah 380 Koperasi.

“Kalau kita pembinaannya rutin, kami tetap memonitoring dan membantu Koperasi agar kesulitan yang mereka hadapi bisa diselesaikan”, kata Lisna. (Feryal/tifa).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan