logoblog

Cari

KIM – Pasar Kampung Online, Saling Bersinergi

KIM – Pasar Kampung Online, Saling Bersinergi

Giri Menang, KM. Setelah booming dengan Kampung Media, satu lagi program digitalisasi yang sedang digaungkan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik

Ekonomi

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
20 Juni, 2019 16:50:41
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 1394 Kali

Giri Menang, KM. Setelah booming dengan Kampung Media, satu lagi program digitalisasi yang sedang digaungkan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB. Program tersebut adalah Pasar Kampung Online. Pasar Kampung Online, digagas dalam rangka mempromosikan produk-produk unggulan masyarakat lokal. Produk unggulan ini, diharapkan, anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mengambil peran sebagai mitra yang solid, saling bersinergi, sehingga antara produsen dan konsumen UKM bisa saling menjalin komunikasi yang terarah.

Dalam rangka sosialisasi serta pelatihan Pasar Kampung Online, Kamis (20/6) tim dari Diskominfotik NTB memberikan pencerahan kepada 30 orang anggota KIM se Lombok Barat. Kegiatan berlangsung di Lesehan Dian, Desa Kediri-Lombok Barat. Tim yang berkekuatan empat orang itu masing-masing berperan sebagai nara sumber dengan materi yang sudah disiapkan. Mereka adalah, Dudut Eko Juliawan, I Dewa Ngurah Serjana, Fairus Abadi dan Nasrin.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik NTB, Fairuz Abadi dalam arahannya mengemukakan, memang banyak program pemerintah NTB yang tengah digagas, namun tidak semua program berbasis online itu berjalan mulus seperti yang diharapkan.

“Yang membuat program tersebut tersendat dan kurang berkembang, mungkin saja soal manajemen yang kurang professional,” papar pejabat yang dikenal dengan nama Abu Macel ini. Namun dia mencontohkan, setelah Kampung Media menjadi mandiri, portal jurnalisme warga, dari warga, oleh warga dan untuk warga NTB ini, diakui pemerintah pusat sebagai wadah informasi yang sukses dan terpercaya.

“Pasar Kampung Online ini sebagai langkah kedua dari gerakan Kampung Media. Kampung Media dulu hijrah dari budaya bertutur menjadi budaya menulis. Pasar Kampung Online digagas dalam rangka peningkatan ekonomi kratif warga yang terencana, terarah, terukur atau 3 T,” terang Fairuz semangat.

Paparan yang tak kalah semangatnya adalah Nasrin. Warga Dompu yang dikenal sebagai penggagas Teh Daun Kelor ini, mampu memberi inspirasi seluruh peserta. Bahkan ada seorang peserta anggota KIM yang menawrkan diri, mau bekerjasama dalam usaha produksi teh daun kelor ini.

 

Baca Juga :


Inspirasi lain yang dipaparkan Nasrin, warga NTB yang tidak tamat SMP ini, hanya dengan memproduksi teh daun kelor, mampu menjadi seorang jutawan bahkan miliarder. Skarang daun kelor kering banyak dipesan dari Korea, Jepang dan Negara Timur Tengah.

Setelah Nasrin, paparan materi berikutnya adalah D. Eko Juliawan. Mantan pejabat Dikes NTB ini memaparkan terkait program NTB Care (Caring Society with Integrity), sebuah program pemrov NTB berkaitan dengan delik aduan. Kgiatan sosialisasi belangsung hampir dua jam dan semua dipasilitasioleh Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat.

 



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan