logoblog

Cari

Sandue, Penghasil Cobek Batu Yang Berkualitas.

Sandue, Penghasil Cobek Batu Yang Berkualitas.

KIM OI TALAGA, Cobek (Ulek) Sangat di butuhkan untuk membikin Variasi sambal tetapi harus memilih cobek yang kualitasnya bagus, sebab hal ini

Ekonomi

KIM Oi Talaga
Oleh KIM Oi Talaga
01 Juni, 2019 22:05:53
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 2958 Kali

KIM OI TALAGA, Cobek (Ulek) Sangat di butuhkan untuk membikin Variasi sambal tetapi harus memilih cobek yang kualitasnya bagus, sebab hal ini mempengaruhi rasa bahkan kesehatan, alat untuk membuat sambal dan bumbu halus ini, kini tidak semuanya 100% terbuat dari batu asli. 

Desa Sandue kengge rengge Kecamatan sanggar adalah salah satu pembuat  ulekan batu asli terbaik yang ada di kabupaten Bima, proses pembuatan cobek (ulek) batu di awali dengan memecah batu tebing goa sesuai dengan besaran yang di inginkan, satu persatu batu yang telah dipecahkan tersebut, kemudian dibentuk menggunakan palu dan betel, setelah itu proses pembuatan akan dilanjutkan pada penghalusan dengan menggunakan mesin penghalus, selesai di haluskan, cobek kemudian di cuci hingga bersih dan siap untuk di jual atau dipasarkan. 

Syamsudin (45) salah satu pembuat Cobek menuturkan" Dalam sehari bisa menghasilkan 15 cobek mulai kerja jam 7.00 pagi sampai jam 15.00 wita. Tetapi di bulan puasa ini hanya mampu menghasilkan 10 cobek. Ucapnya di temui sabtu (01/6).

 

Menurutnya"Cobek bermutu yang lebih kualitasnya baik bukan berwarna hitam, melainkan abu-abu seperti warna alami batu, jika menemukan cobek berwarna hitam, agaknya harus dicurigai ke aslianya karna hanya warna hitam di dapat dari cat, selain cobek di cat, dipasaran juga terdapat cobek campuran batu, pasir, dan semen, cobekan campuran semen lebih ringan ketimbang cobekan batu asli.tuturnya

Ditempat yang sama Ridwan(40) menuturkan" proses pembuatan cobek yang lebih lama adalah penggalian dan memecah batu tebing goa, sedangkan untuk membuat diameter cobek dan penghalusan agak mudah karna pakai mesin penghalus. Ucapnya. 

 

Baca Juga :


 

Ditambahkan Harga cobek buatanya tergantung diameter, ia menjelaskan"cobek berdiameter 15 cm dijual dengan harga Rp. 25000 sedangkan cobek dengan diameter 20 cm di jual Rp. 35000 dan ukuran 40 cm di jual Rp. 65000.harga tersebut jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga cobek dipasaran. Ucapnya. 

Memang tidak mudah untuk membuat cobek batu, butuh tenaga ekstra, namun kualitas cobek asli, Desa Sandue tidak perlu diragukan lagi hal ini terbukti dengan banyaknya pembeli yang datang dan pesanan dari luar Daerah.(Arifin) 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan