logoblog

Cari

Sarung Khas Bima Jadi Produk Unggulan Di Pasar Internasional

Sarung Khas Bima Jadi Produk Unggulan Di Pasar Internasional

Kim oi Talaga, Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan kerajinan khas. Hasil karya khas masyarakat  hampir berbeda - beda di

Ekonomi

KIM Oi Talaga
Oleh KIM Oi Talaga
03 Mei, 2019 19:38:12
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 2448 Kali

Kim oi Talaga, Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan kerajinan khas. Hasil karya khas masyarakat  hampir berbeda - beda di setiap daerah, hal ini dipengaruhi oleh kultur wilayah serta corak kebudayaan di sekitarnya. Tidak ketinggalan dengan hasil karya masyarakat Bima provinsi NTB, yaitu karya  kerajinan khas unggulannya yang saat ini sangat familiar di pasar Internasional.

Produk unggulan masyarakat Bima provinsi NTB adalah  kain tenun yang merupakan warisan budaya yang goo internasional. Berdasarkan laporan dari pemerintah daerah (Dinas Pariwisata kota Bima) bahwa kain hasil kerajinan masyarakat Bima telah banyak di Ekspor ke luar Negeri, diantaranya malaysia, Burnei darussalam, Inggris, dan Jepang yang digunakan untuk bahan tekstil kombinasi.

Diantaranya kain khas BIMA-NTB yang goo Internasional adalah: tembe nggoli  (kain nggoli), tembe salungka  (kain salungka), serta tembe pa'a (kain pa'a). Selain itu, berdasarkan hasil laporan dari masyarakat Ntobo selaku kelurahan mayoritas pengrajin kain khas Bima (Jasman) di temui dirumahnya (2/5/2019) menuturkan "pada tahun 80-an bule-bule (orang luar negeri) biasa berkunjung di kelurahan Ntobo kota Bima untuk melihat  serta mensuting secara langsung  aktivitas para pengrajin tenun di Ntobo kota Bima". Tuturnya *.

Berdasarkan pernyataan bapak Jasman tersebut, bahwa kain tenun tidak hanya dikenal saat sekarang, tetapi pada tahun 80-an sudah familiar di kalangan bule-bule/orang asing. Sehingga dapat dipastikan bahwa kain tenun BIMA-NTB sudah laku di pasar internasional sejak tahun 80-an sampai sekarang.Arifin. 

 

Baca Juga :


 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan