logoblog

Cari

Human Initiative Bangun Industri Desa Sajang

Human Initiative Bangun Industri Desa Sajang

Kelompok Tani Bumi Lestari yang ada di Desa Sajang Kecamatan sembalun sudah Terbentuk pada tanggal 23 Desember 2017. Di kelompok

Ekonomi

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
05 April, 2019 17:10:01
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 2176 Kali

Kelompok Tani Bumi Lestari yang ada di Desa Sajang Kecamatan sembalun sudah Terbentuk pada tanggal 23 Desember 2017. Di kelompok ini edukasi demi edukasi sudah dilakukan oleh masyarakat atau petani untuk memajukan dan meningkatkan hasil pertanian yang mereka kelola seperti Kopi, Panili, Cengkeh, Kakao dan pisang.

Namun beberapa hambatan banyak sekali ditemukan, mulai dari kemampuan petani dalam mengolah hasil pertanian maupun pemasaran hasil produksi yang sulit untuk ditemukan oleh petani secara langsung. Faktor ini lah yang banyak menyebabkan tidak sedikitnya petani melelang hasil produksi petani mereka ketengkulak.

Bahkan yang lebih mirisnya lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup petani melelang kopi dengan sistim ijon ke tengkulak dengan cara mengambil uang terdahulu sebelum kopi mereka dipanen dengan harga yang relatif murah. 

Hal tersebut mendorong kami dari petani untuk memiliki inisiatif memproduksi hasil pertanian dengan menggunakan sistem pengolahan manual, dimana hasil produksi dengan manual sangatlah terbatas. 

Kamipun memproduksi kopi dalam dua parian yaitu “Kopi Arabika dan Kopi Robusta” kopi ini kami kemas dengan rapi dan kami beri nama kopi tujak, Tujak disini diambil dari bahasa daerah yang adad di Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat yang dimana tujak disini berartikan Tumbuk.

Kami mengambil kata Tujak (Tumbuk) disamping memproduksi kopi maka kami juga ingin mempertahankan kualitas budaya dan kultur peninggalan budaya nenek moyang di Desa Sajang, yang mana kemudian dalam rencana kedepan Tujak (Tumbuk) ini akan kami jadikan obyek wisata bagi bara penikmat bkopi.

 

Baca Juga :


Dalam perjalanan kami dari peteni banyak sekali kendala yang kami hadapi, baik dari segi mempertahankan kualitas kopi uang kami proses karena pelatihan dan pasilitas yang masih belum memadai.

Namun pada akhirnya bulan januari pekan 2 PKPU HUMAN INITIATIVE datang memberikan kami solusi dan bantuan dalam memproduksi hasil pertanian dan perkebunan yang ada di Desa Sajang, dengan harapan kerjasama dengan PKPU ini dapat membantu Masyarakat dan para petani untuk meningkatkan hasil Produksi yang dimiliki.

PKPU HUMAN INITIATIVE banyak sekali memberikan bantuan-bantuan yang berupa peralatan-peralatan Produksi dan peralatan pertanian guna untuk menunjang hasil Produksi dan memprcepat sistem kerja Petani guna meningkatkan kualitas dan efektivitas kelompok tani Bumi Lestari Desa Sajang.

Bukan saja peralatan, namun pihak dari PKPU bekerjasama dengan beberapa orang hebat dalam pengolahan kopi seperti pak Ismoyo “LOOK LOMBOK“, Pak Agus Pramudia “Ahli Roasters Kopi” dan Pak Iskandar Zulkarnain “Dosen UNRAM” hal ini dilakukan untuk menujang hasil produksi dan kualitas kopi yang dimiliki Desa ajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan