logoblog

Cari

KLU Punya Kopi Dingin Pertama di Lombok

KLU Punya Kopi Dingin Pertama di Lombok

Produk olahan kopi belakangan ini semakin diminati, Usaha Kecil Menengah di Lombok Utara kini memiliki varian kopi dingin siap minum. Kopi

Ekonomi

suryadi jamie
Oleh suryadi jamie
25 Maret, 2019 07:59:13
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 4352 Kali

Produk olahan kopi belakangan ini semakin diminati, Usaha Kecil Menengah di Lombok Utara kini memiliki varian kopi dingin siap minum.
Kopi dalam kemasan botol plastic ini diklaim sebagai yang pertama di Lombok. Produk kopi Cold Brew Coffee ini selain memiliki cita rasa yang unik juga diproses berbeda dari olahan minuman kopi lainnya. Kopi dingin hasil olahan UKM Kena Pacu ini dari sejak dipetik dan dalam proses pembuatannya menggunakan air dingin serta memerlukan waktu proses yang cukup lama yakni sekitar 20 jam. Ini dimaksudkan agar kopi yang dihasilkan sesuai dengan merk jual Cold Brew Coffe yang berarti kopi dingin yang diracik siap minum dan bukan kopi olahan biasa yang dikemas sebagai minuman kopi.
“Cold Brew Coffee diproses tanpa  menggunakan air panas seperti biasanya dan membutuhkan puluhan jam untuk mengekstrak biji kopi menjadi kopi dingin siap minum. Cita rasa yang dihasilkan berbeda dari kopi yang diproses biasa dan diseduh air panas. Kopi biasa tetap diseduh dengan air panas baru terasa.”, jelas Muji Bidawati.

Dikatakan Muji, biji kopi dari kabupaten Lombok Utara banyak diminati. Biji kopi Robusta dengan cita rasa dark chocolate dan brown sugar dari KLU bahkan diminati oleh pasar Korea dan Eropa karena cita rasa yang unik.

Beberapa rekan sesama UKM asal KLU binaan Bank Indonesia telah memulai ekspor ke Korea. Hanya saja kendala standar kualitas masih terus diupayakan di tingkat petani kopi.

"Secara kuantitas, hasil petani kopi KLU sudah bisa menghasilkan sampai puluhan ton setiap panen per tahun. Tapi yang memenuhi standar kualitas baru sebesar dua ton per tahun untuk ekspor", jelas Torik.

 

Baca Juga :


Menurut Lalu Torik, salah seorang pengusaha UKM kopi di KLU, kendala kualitas itu belum mampu dikerjakan oleh petani sendiri. Untuk itu, ia melakukan pendampingan agar pengusaha tinggal membeli panen petani yang siap ekspor sebagai bahan mentah atau dapat diolah langsung oleh pengusaha sebagai produk jadi. 

Hadir di gelaran Inspiratif Expo besutan Dinas Kominfotik NTB setiap hari Minggu (24/3), beberapa UKM juga memamerkan produk olahan kopi lain seperti kopi rumput laut dan lainnya.(jm-timedia)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan