logoblog

Cari

Perikanan Rakyat NATB Dapat KUR 85,26 M

Perikanan Rakyat NATB Dapat KUR 85,26 M

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perikanan Rakyat dan Video Teleconference yang di motori oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI kerjasama dengan perbankkan

Ekonomi

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
24 Maret, 2019 20:08:33
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 4437 Kali

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perikanan Rakyat dan Video Teleconference yang di motori oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI kerjasama dengan perbankkan dan Lembaga Penjamin Keuangan tadi pagi serentak dilaksanakan di 6 lokasi yakni di Kabupaten Demak jawa tengah sebagai lokasi utama didukung di 5 lokasi yaitu Kabupaten Cirebon Jawa Barat, Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kabupaten Ogan komeringkulu timur sumatra selatan, Kota Mataram Provinsi NTB, dan Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi tenggara. 24/03/2018

Untuk di mataram sendiri berlangsung di Gedung Serbaguna Sangkareang Kantor Gubenrur NTB, dan dihadiri oleh Asisten 1 Bidang Perekonomian provinsi NTB Chairul Mahsul, Asisten Deputi Peternakan dan Perikanan Jafi Alzagadli, Asisten Bidang ekonomi dan Pembangunan Kota Mataram Ir.H.Mahmudin Tura, perbankkan penyalur KUR dan Lembaga Penjamin Keuangan serta rombongan dari Menteri Koordinator perekonomian RI.

Gubernur NTB yang wakili oleh Asisten 1 Bidang Perekonomian provinsi NTB Chairul Mahsul dalam sambutannya berterimakasih dan mengapresiasi atas perhatian semua pihak khususnya pemerintah pusat dan perbankkan sehingga masyarakat NTB dapat menerima bantuan dalam program kredit usaha rakyat (KUR) perikanan rakyat.

Sebagai gambaran umum kata Chairul Mahsul bahwa NTB memilki SDM dan SDA dibidang pertanian,kehutanan, kelautan sebagai wilayah agraris dan maritime yang cukup besar dan memilki keunggulan keunggulan dibanding daerah lain di Indonesia.

Lebih jauh Chairul Mahsul mengatakan sector pertanian masih memegang peranan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di NTB tidak dipungkiri bahwa aktifitas masyarakat masih didominasi oleh sektor pertanian yang mampu menyerap tenaga kerja dan mampu bertahan meski dalam kondisi sulit sekalipun, sebagai sector yang cukup strategis namun perlu diupayakan peningkatan kualitas dan kapasitasnya melalui usaha agribisnis.

Asisten Deputi Peternakan dan Perikanan Jafi Alzagadli mengatakan di NTB penyaluran KUR dari 1 januari hingga 28 pebruari 2019 telah mencapai 164 milyar diberikan kepada 5405 debitur .sementara secara nasional akumulasi penyaluran KUR disektor perikanan sejak tahun 2015 hingga 28 pebruari 2019 mencapai 5,2 triliun rupiah yang diberikan kepada 220 ribu debitur, pada periode yang sama penyaluran KUR sektor perikanan di NTB 85,26 milyar rupiah yang disalurkan kepada 3000 debitur.

 

Baca Juga :


Sambung Jafi, khusus di NTB selain KUR juga diberikan Dana CSR oleh perbankkan dengan lembaga penjamin keuangan diantaranya Bank Mandiri sejumlah 14 unit cool box,BRI 5 unit pompa air,BNI 5 unit cool box,BRI Syariah kendaraan roda tiga, Bank NTB Syariah 15 paket sarana budidaya perikanan, Jamkrindo 3 unit cool box, Askrindo 3 unit cool box,jamkrindo syariah 3 unit cool box, serta PT Asri Indo Syariah 2 cool box.

Seluruh ketentuan dalam pelaksanaan KUR dirumuskan oleh deputi kebijakan pembiayaan UMKM dan ditetapkan dalam peraturan menteri coordinator bidang perekonomian selaku ketua komite kebijakan pembiayaan bagi UMKM no. 11 tahun 2017 sebagaimana diubah dengan peraturan Menkop bidang perekonomian no. 8 tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan KUR.

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan