logoblog

Cari

Dapat Bantuan. Dua Gapoktan Diharapkan Menyediakan Beras Yang Berkualitas

Dapat Bantuan. Dua Gapoktan Diharapkan Menyediakan Beras Yang Berkualitas

Sumbawa Barat. Diskominfo – Kementerian Pertanian RI akan memberikan bantuan modal kepada dua Gabungan Kelompok Pertanian (Gapoktan) di Kabupaten Sumbawa Barat

Ekonomi

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
12 Maret, 2019 15:37:23
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 714 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo – Kementerian Pertanian RI akan memberikan bantuan modal kepada dua Gabungan Kelompok Pertanian (Gapoktan) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Suntikan dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut masing-masing senilai Rp160 juta.
Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Ir. H. Alimin yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/3).

H. Alimin mengatakan, Gapoktan yang mendapat dana bantuan tersebut ialah "Mura Tama" asal Kecamatan Brang Ene dan "Barat Datang" asal Desa Rempe, Kecamatan Seteluk. Bantuan tersebut diberikan dengan harapan mampu menyerap gabah petani pasca panen dan selanjutnya gabah tersebut digiling untuk menjadi beras berkualitas dan bermutu.

“Beras yang dihasilkan nanti bukan lagi medium, tapi kualitas super agar mampu bersaing di pasar nasional,” kata H. Alimin.

Dana tersebut, tambah H. Alimin, akan dijadikan modal awal untuk membeli gabah milik petani di sekitar kecamatan Brang Ene dan Seteluk yang dikawal langsung oleh Tim Serapan Gabah (sergab) dari Pemerintah Daerah KSB, serta untuk memperkuat armada, sarana serta pengadaan mesin giling Gapoktan.

Lebih jauh H. Alimin menjelaskan syarat mendapatkan bantuan tersebut ialah memiliki kesiapan sarana lantai jemur dan pabrik penggilingan.

“Petugas sudah melakukan verifikasi faktual untuk memastikan bahwa Gapoktan dimaksud sudah siap, nantinya kedua Gapoktan itu akan diinisiasi untuk bekerjasama dengan Bulog soal suplay pangan beras,” ujarnya.

 

Baca Juga :


Untuk mensukseskan pengelolaan managemen ke dua kelompok tersebut, Pemkab Sumbawa Barat akan memberikan pendampingan mengenai pengelolaan dan laporan keuangan hingga operasional buruh angkut.

“Semua aspek akan dibina karena prospeknya untuk petani cukup bagus,” Tambah H.  Alimin.

Kedepan, Ia juga akan mengusulkan kepada Kementerian  Pertanian terhadap potensi gabah-beras di Kecamatan lainnya lingkup KSB terutama Kecamatan Brang Rea yang dianggap salah satu lumbung suplay gabah nasional.

“Kecamatan lainnya juga akan kita usulkan, termasuk Taliwang hingga Jereweh,” tutupnya. Feryal/tifa.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan