logoblog

Cari

PEPEHANI Kabupaten Sumbawa Diminta Prosesing Pengiriman Daging

PEPEHANI Kabupaten Sumbawa Diminta Prosesing Pengiriman Daging

Gubernur NTB, Dr.  H.  Zulkieflimansyah berharap para pengusaha ternak yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Hewan Nasional Indonesia (PEPEHANI) Kabupaten Sumbawa, untuk

Ekonomi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
15 Februari, 2019 22:20:50
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 2295 Kali

Gubernur NTB, Dr.  H.  Zulkieflimansyah berharap para pengusaha ternak yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Hewan Nasional Indonesia (PEPEHANI) Kabupaten Sumbawa, untuk tidak ada lagi pengiriman ternak hidup keluar daerah melainkan dalam bentuk daging.

“Saya minta pengusaha hewan ternak menyiapkan prosesing pengiriman daging, jangan mengirim hewan hidup ke luar pulau Sumbawa, yang tidak beritikad berproses ke arah tersebut diberikan sanksi dengan menyetop perizinannya,” tegas Dr.  H.  Zulkieflimansyah saat hadir dipertemuan PEPEHANI, Jumat (15/2) di Ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Kab. Sumbawa.

Rapat koordinasi tersebut digelar untuk menyelasikan persoalan para pengusaha, ada 500 ekor ternaknya ditahan di Stasiun Karantina Badas karena belum dapat dikirim ke luar daerah, disebabkan belum terbitnya izin.

Gubernur meminta kepada Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir. Sirajuddin agar kuota pengiriman yang sudah ditetapkan harus dihabiskan. “Tahun depan tidak ada lagi pengiriman ternak hidup melainkan harus dalam bentuk daging,” kata Gubernur NTB.

Putra daerah asli dari Sumbawa ini,  berharap setiap pengiriman untuk menyisihkan infaq 2,5% bagi kepentingan masjid dan pondok pesantren.

Sementara itu, Salahsatu anggota PEPEHANI Sumbawa Rahmad Aron, mengatakan bahwa sebenarnya pengusaha ternak memiliki konstribusi yang cukup besar untuk daerah. Setiap pengiriman per ekor sapi dikenakan retribusi sebesar Rp 105 ribu.

“Sehingga PAD dari pengiriman ternak ini per tahunnya mencapai Rp 2 milyar, Sebab setiap hari pengiriman rata-rata 75 ekor,” kata Rahmad Aron

 

Baca Juga :


Sedangkan Sekretaris PEPEHANI Sumbawa, Rusdi Darmawansyah menyampaikan terima kasih kepada Gubernur yang telah menggelar pertemuan tersebut. Sehingga,  melalui pertemuan tersebut ia beserta seluruh pengurus yang lain dapat menyampaikan keluhan terkait pengusaha hewan ternak itu.

Ia juga menjelaskan para pengusaha pun menyuarakan keluhannya melalui media sosial yang langsung direspon Gubernur NTB.

Gubernur meminta para pengusaha hadir pada Jumpa Bang Zul–Rohmi yang digelar setiap Jumat pagi, kami tidak bisa hadir karena keterbatasan waktu.

"Mendadak tadi malam Gubernur menghubungi salah satu anggota PEPEHANI agar dapat menemui kami di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin," jelasnya.

PEPEHANI mendukung program Gubernur Zul-Rohmi, untuk pengiriman daging. Sebab pengiriman ternak dalam bentuk daging ini akan membuka lapangan kerja bagi yang lainnya. Sumber Humas NTB (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan