logoblog

Cari

NTB Expo Pemicu Kebangkitan UMKM

NTB Expo Pemicu Kebangkitan UMKM

Perayaan NTB Expo ke 16 yang berlangsung di Techno Park Science Technology and Industrial Park Desa Lelede NTB yang dirangkai dengan

Ekonomi

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
06 Desember, 2018 01:02:43
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 2550 Kali

Perayaan NTB Expo ke 16 yang berlangsung di Techno Park Science Technology and Industrial Park Desa Lelede NTB yang dirangkai dengan HUT NTB ke 60 tahun 2018 ini berjalan aman dan lancar walaupun diguyur hujan saat pembukaan yang dimulai sekitar pukul 16.30 wita.

Hadir dalam cara tersebut Wakil Gubernur NTB Hj.Sitti Rohmi Djalilah,Kadiskop UKM NTB H.Lalu Saswadi,Dirut PT.Solindo Duta Convex, seluruh Kepala Dinas OPD,perwakilan BUMN,BUMD,Universitas, SMK serta seluruh peserta pameran.

Wakil Gubernur NTB Hj.Sitti Rohmi Djalilah dalam sambutannya mengatakan NTB Expo kali ini memang agak berbeda karna NTB baru saja mendapatkan musibah tetapi jika dilihat kondisi masyarakat NTB secara keseluruhan NTB tidak mau berlama lama dalam kondisi merasa sebagai korban dan Alhamdulillah NTB sudah bangkit.

“Saya tidak ingin menyerukan ayo kita bangkit seolah olah kita belum bangkit, kita sudah bangkit, kita sudah bangun, kita sudah berlari, sekarang berlarinya ini sama gak cepetnya mungkin ada yang sudah berlari, ada yang terseok-seok, ada yang harus di pegang tangannya untuk berlari, kalau mau cepat, kecepatannya harus sama”. Sambung Rohmi

NTB Expo ini Kata Rohmi, salah satu ikhtiar NTB dari kondisi yang dialami beberapa bulan ini, mudah-mudahan ini salah satu penyemangat , karna kalau melihat NTB ini sungguh banyak kekayaan yang dimiliki mulai dari budaya,kuliner,keindahan alam begitu banyak kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT kepada NTB dan mudah-mudahan kita pandai bersyukur.dan diharapkan NTB Expo ini menjadi salah satu media untuk kita cepat bangkit.

Berbicara UMKM, Hj.Siti Djalilah menegaskan kepada Kadis, bahwa tidak bisa mengembangkan dan membangun UMKM ini begitu-begitu saja, harus ada satu terobosan, harus betul betul memanfaatkan teknologi yang ada, sumber dana yang ada harus inovatif, kreatif dan harus belajar dari tempat tempat UMKM yang betul betul maju termasuk materi yang akan dijual disajikan ke pada masyarakat sangat luar biasa tetapi UMKM terkendala dengan berbagai hal yakni kualitas,kemasan,pemasaran serta akses.

“Ini memang kedepan harus kita betul betul serius dengan semua potensi ini, karna untuk kembali ke posisi normal butuh kecepatan semisal yang biasanya kita berkerja 60 km perjam kalau mau kembali ke posisi semula kecepatannya harus kembali ke poisi 100 Km perjam baru kita bisa”. Kata Rohmi sambil diringi tepuk tangan dari seluruh undangan yang hadir.

Dengan di gelarnya NTB Expo ini ,Rohmi berharap bisa menjadi pemicu kebangkitan UMKM di NTB dan dengan HUT NTB ke 60 ini bisa membawa semangat baru bagi seluruh masyarakat NTB.

Sementara Kepala Dinas UKM NTB H.lalu saswadi dalam laporannya mengatakan dalam program pemberdayaan koperasi dan usaha kecil mikro menengah baik itu UMKM dibidang pertanian maupun non pertanian yang mana sesungguhnya masih memerlukan peningkatan daya saing akan produknya dan mengemabangkan produk yang dihasilkan lebih bermutu dan berkualitas serta membutuhkan fasilitas pemasaran karnanya salah satu sarana yang masih cukup relevan untuk memenuhi harapan tersebut adalah melalui kegiatan pameran pembangunan yang dalam hal ini melalui NTB Expo dan gebiyar SMK.

 

Baca Juga :


Kata saswadi, adapun dasar pelaksanaan kegiatan NTB Expo itu atas kerjasama antara pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat dengan PT.Solindo duta Convec Jakarta dan panitia hari jadi Provinsi NTB ke 60 tahun 2018.

Maksud dan tujuan digelarkanya NTB Expo ke 16 ini, Saswadi mengatakan untuk memenuhi dan menumbuh kembangkan gerakan koperasi UMKM dalam rangka pembangunan perekonomian daerah dan nasional yang merupakan soko guru perekonomian bangsa Indonesia, memberikan kesempatan kepada para pengusaha mikro kecil dan menengah khususnya di NTB, selain itu untuk mempromosikan dan memperkenalkan semua produk dan jasa yang dihasilkan melalui pengembangan pasar kemitraan baik antar pengusaha UMKM di NTB maupun dengan UMKM di luar NTB, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan barang dengan harga terjangkau melalui program pasar murah serta sebagai sarana rekreasi dan hiburan masyarakat sekitar.

Sambung Saswadi, adapun peserta NTB Expo kali ini melibatkan kalangan pemerintah daerah baik provinsi m,aupun kabupaten kota se NTB, kalangan universitas,wiraswasta UMKm berasal dari NTB dan luar NTB.

“sebenarnya peserta NTB Expo tahun ini cukup banyak namun karna pergeseran jadwal sehingga beberapa daerah provinsi tidak bisa menghadirkan terkait dengan pertanggungjawaban keuangan karna sudah akhir tahun anggaran oleh sebab itu jumlah peserta saat ini, sebagai informasi peserta dari kementerian perdagangan mengambil 8 stand, jawa timur 4 stand termasuk sebagian OPD ikut dalam pameran NTB Expo saat ini”. Ujar Saswadi

Pelaksanaan NTB yang ke 16 ini merupakan bagian dari perayaan hari jadi provinsi NTB ke 60 dengan berbagai kegiatan diantaranya Gebiyar SMK, panen Pedep, pasar murah ,pameran tepat guna dan berbagai hiburan lainnya termasuk kegiatan donor darah, sedangkan pelaksanaannya dari tanggal 5 s/d 9 desember 2018 dan dibuka dari pukul 10.00 wita s/d 22.00 wita.

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan