logoblog

Cari

Kopi Kampoeng Rinjani

Kopi Kampoeng Rinjani

MENGANGKAT POTENSI LOMBOK TENGAH MELALUI  KOPI KAMPOENG RINJANI Minum kopi di pulau Lombok bagian dari kebiasaan atau budaya yang tidak bisa

Ekonomi

KM Angin Daye
Oleh KM Angin Daye
10 November, 2018 06:16:15
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 12954 Kali

Minum kopi di pulau Lombok bagian dari kebiasaan atau budaya yang tidak bisa di tinggalkan. Terbukti dengan setiap kita bersilaturrahim atau bertamu ke rumah tetangga maka hampir wajib kita disuguhi kopi. Budaya ngayo, betemoe atau bersilaturrahim menjadi kebiasaan masyarakat pedesaan. Dan hari ini Kamis, 08 November 2018 mulai pukul 09:30 sampai dengan pukul 16:30 Kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Desa Lantan yang focus pada Usaha olahan kopi yang diberi nama “Kopi Kampoeng Rinjani” melakukan praktik di Sekretariat Koperasi Lantan Kreatif Abadi yang beralamat di Dusun Lantan Duren Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan praktik penggorengan, kemudian langsung di giling dan dikemas. Dan kini sudah siap untuk di pasarkan. 

Kelompok olahan kopi ini dalam memulai usaha lebih melihat pada potensi alam yang dimiliki di kawasan Utara Lombok Tengah. Dimana hasil perkebunan ataupun hasil pertanian di HKM warga masyarakat rata-rata menanam kopi, dan selama ini tidak banyak yang langsung mengolah, setelah mereka panen, maka bijinya langsung di jual ke pasar.

Seperti yang di jelaskan oleh Bung Herman Angin Daye yang sekaligus sebagai anggota Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Desa Lantan, bahwasanya usaha kopi saat ini lagi sexi-sexsinya di perbincangkan. Disamping itu masyarakat dan pemuda harus memiliki motifasi, kreatif dan inovasi untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia  (SDM) dalam mengelola hasil alam yang cukup berlimpah ruah. Prinsifnya adalah selalu melihat keadaan sebagai peluang, dan harus segera dimulai tanpa di tunda-tunda “kalo bukan dimulai berwira usaha dari sekarang trus kapan lagi”.

Dikawasan utara Lombok tengah dan Kecamatan Batukliang Utara (BKU) khususnya ada sekitar 3 kelompok yang bergelut pada usaha kopi bubuk, salah satunya adalah TKM Kopi kampoeng Rinjani yang ada di Desa Lantan. 
Herman Angin Daye juga sangat berterimakasih Kepada Kementerian Ketenaga Kerjaan RI atas bantuan alat pengolahan kopi yang telah diberikan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Tengah. Beberapa pengusaha kopi yang ada saat ini tidak akan dijadikan sebagai saingan, akan tetapi kita harus saling mendukung antara pengusaha satu dan lainnya, TKM Desa Lantan memiliki prinsif dalam memajukan usaha untuk sama-sama  success dengan cara berjamaah.

 

Baca Juga :


Kedepanya kawasan mandalaike resort sangat butuh dengan banyaknya olahan-olahan khas daerah yang bisa ditawarkan kepada tamu-tamu dari luar negri ataupun tamu dalam negri. Karena potensi pariwisata saat ini cukup banyak diminati di Nusa tenggara Barat dan pulau Lombok pada khususnya.



 
KM Angin Daye

KM Angin Daye

Herman Nama Lengkapnya. Seorang Tokoh Pemuda di Kawasan Utara. Kesehariannya Bergaul dan Berdinamika Bersama Anak Rimba di Lereng Gunung Rinjani. Alamat Desa Lantan, Kec. Batuklian Utara Lombok Tengah. No HP: 081915767808.Email:herman_guntur27@yahoo.co.id

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan