logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bangkitkan Sektor Pariwisata Dengan Fintech

Bangkitkan Sektor Pariwisata Dengan Fintech

"Sektor pariwisata adalah sektor yang paling potensial kita bangkitkan kembali," ujar Achris Sawarni Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat

Ekonomi

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
31 Oktober, 2018 13:20:50
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 1173 Kali

"Sektor pariwisata adalah sektor yang paling potensial kita bangkitkan kembali," ujar Achris Sawarni Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (31/10).

Hal tersebut disampaikan saat pembukaan acara Pengembangan Pariwisata Halal melalui Finansial Tehnology/FinTech. Bertempat di Hotel Santika Mataram, Gawe Bank Indonesia NTB ini dihadiri oleh berbagai perwakilan dari SKPD NTB serta para anggota komunitas lintas sektor terkait.

Hadir sebagai pemateri Tri Budiprayitno, Kadis Kominfotik NTB, membawakan materi mengenai Pemanfaatan Tehnologi Informasi dalam Industri Pariwisata. Iwan, perwakilan Bank Indonesia NTB dengan materi Penyelenggaraan Financial Technology. Serta, Alfonso Aditya dari Triponyu dengan Tehnology and Community Empowerment for the Tourism Developtent.

Setali tiga uang dengan Achris Sawarni, Tri Budiprayitno juga mengamini bahwa sektor pariwisata dapat bangkit kembali dengan cepat. Meski gempa sempat membuat persentase tourism di NTB menurun, namun dengan adanya Pariwisata Halal melalui Finacial Technology harapan untuk kembali bakit itu ada.

"Data-data dari kementerian Pariwisata menunjukan bahwa tren pariwisata di Indonesia terus naik dari tahun ke tahun. Oleh karena itu meskipun setelah gempa sektor pariwisata di NTB menurun, masih sangat potensial untuk dapat kembali meningkat di tahun-tahun berikutnya," jelas Kadis.

Financial technology/FinTech sendiri merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.

 

Baca Juga :


Bagi konsumen pariwisata, FinTech memberi banyak manfaat seperti, untuk mendapat layanan yang lebih baik, pilihan yang lebih banyak, serta harga yang lebih murah.

Sedangkan bagi pemain FinTech (pedagang produk atau jasa) FinTech memberi manfaat,menyederhanakan rantai transaksi, menekan biaya operasional dan biaya modal,dan membekukan alur informasi.

Serta bagi suatu Negara, dapat mendorong transmisi kebijakan ekonomi, dan meningkatkan kecepatan perputaran uang sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat. (nov)



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan