logoblog

Cari

BI Kampanye GPN di Inspiratif Expo

BI Kampanye GPN di Inspiratif Expo

Gelaran inspiratif Expo tak pernah sepi dari bintang tamu serta pengunjung carfreeday udayana. Terbukti dari banyaknya  tamu-tamu spektakuler dengan beragam inovasi

Ekonomi

Suparman
Oleh Suparman
21 Oktober, 2018 15:46:45
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 3927 Kali

Gelaran inspiratif Expo tak pernah sepi dari bintang tamu serta pengunjung carfreeday udayana. Terbukti dari banyaknya  tamu-tamu spektakuler dengan beragam inovasi dan potensi yang ditampilkan, baik dari figur dengan talenta membanggakan maupun deklarasi masyarakat damai anti  hoax serta kampanye program dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kali ini, pangung Inspiratif Expo gagasan dari Dinas Komunikasi Informatikan dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB ini menghadirkan 32 bank di seluruh NTB berkampaye tentang "Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)" di Carfreeday Udayana, Minggu (21/10). Sistem ini diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral Indonesia pada akhir tahun 2017 lalu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provindi NTB, Achris Sarwani dalam sambutannya mengatakan, pagi hari ini BI mengadakan Gerakan kampanye nasional tentang Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). GPN  merupakan terobosan dalam rangka menghapus sekat-sekat yang selama ini diciptakan melalui peraturan dari masing-masing bank, di mana untuk mengakses kebutuhan perbankan maupun transaksi hanya bisa dilakukan pada bank yang sama.

"Sistem ini merupakan upaya dari Bank Indonesia untuk meningkatkan efisiensi kelancaran dan keamanan sistem pembayaran kita di seluruh indonesia. Kita juga akan memiliki kemudahan dan kenyamanan terutama kartu GPN ini dilengkapi dengan tekhnologi pengamanan chip yang membentengi konsumen dari kejahatan pembobolan bank," ungkapnya.

Dikatakannya melalui GPN, bagi masyarakat pemilik kartu debit bank tertentu bisa bertransaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) atau perangkat electronic data capture (EDC) bank lain. 

"Pemersatu semua proses transaksi antarbank itu nantinya adalah sebuah logo GPN berupa burung garuda berwarna merah yang disematkan di tiap kartu debit dan kartu uang elektronik," jelasnya.

 

Baca Juga :


Achris menjelaskan, dengan logo GPN pada kartu debit dan kartu uang elektronik, nasabah bisa bertransaksi di ATM dan perangkat EDC mana saja. Prinsipnya sama seperti dengan kartu internasional, di mana ada logo Visa maupun MasterCard, yang membedakan logo GPN hanya untuk transaksi di dalam negeri.

 Sekda NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M. Sc, Ph.D yang mewakili Gubernur mengucapkan selamat kepada perbankan nasional khususnya Bank Indonesia yang telah berhasil merubah dan mengembangkan tekhnologi GPN sebagai pengganti visa masyarakat  saat ini.

"Selama ini nasabah perbankan di Indonesia menggunakan sistem pembayaran yang dibuat oleh perusahaan Visa atau MasterCard sehingga uang mengalir keluar negara Indonesia, namun dengan sistem GPN semua transaksi bisa dinikmati bangsa kita," ujar Rosiady.

Sistem ini merupakan inovasi Anak muda. Kreasi untuk negeri sehingga lahir anak muda yang terus berkarya. Ditangan anak muda yang punya inovasi dan kreasi program aplikasi berbasis Teknologi Informatika lahir untuk kemajuan bangsa dan negara. (Man)



 
Suparman

Suparman

nama Suparman, biasa di panggil Man. lahir di desa O,o Kec. Dompu, Kab. Dompu pada Tanggal 12 Februari 1992. anak pertama dari enam saudara. saya lahir dari pasangan Bapak A. Talib dengan Ny. Uniriyah. No HP 085337689025

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan