logoblog

Cari

Tutup Iklan

Potensi Besar Dibalik Pasar Kampung

Potensi Besar Dibalik Pasar Kampung

KM. Serambi_Brangrea; Wacana Portal kampung media akan menambahkan fitur jual beli online sebagaimana situs pendahulunya seperti tokopedia, blibli.com, lazada dan sebagainya

Ekonomi

KM. Serambi Brangrea
Oleh KM. Serambi Brangrea
12 Oktober, 2018 08:04:53
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 3196 Kali

KM. Serambi_Brangrea; Wacana Portal kampung media akan menambahkan fitur jual beli online sebagaimana situs pendahulunya seperti tokopedia, blibli.com, lazada dan sebagainya menjadi angin segar bagi pebinis online khususnya yang berada di wilayah Nusa Tenggara Barat. Komunitas kampung media yang menjadi bagian dari portal ini pastinya merasa bangga bahwa ada situs lokkal berasa nasional bahkan internasional.

Namun hal terpenting dari keberdaan situs tersebut adalah sejauh mana antusiasme kita selaku komunitas anak-anak kampung yang tidak kampungan pada khususnya, serta warga NTB pada umumnya bahkan tidak menutup kemmungkinkan masyarakat internasional  untuk memanfaatkan portal tersebut. Melalui portal pasar kampung ini diharapkan segala jenis produk dan potensi ekonomi yang selama ini terpendam di masyarakat akibat keterbatasan sarana promosi bisa diperkenalkan kepada dunia.

Salah satunya seperti yang diperkenalkan Nona Putri anggota komunitas KM Rampak Nulang Sumbawa beberapa waktu lalu dalam portal kampung media NTB bahwa potensi madu Semamung sudah menembus pasar internasional. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan ada banyak lagi potensi –potensi daerah lainnya yang belum tergali.

Reni (22th) warga Seminar Salit Kabupaten Sumbawa Barat yang baru saja bergabung dalam Komunitas KM. Serambi Brang Rea dalam kesempatan kegiatan Peningkatan SDM KIM serta pelatihan pasar kampung Rabu (10/10) lalu menyampaikan bahwa potensi media online sangat besar untuk meningkatkan taraf hidup. Ia yang sekaligus menjadi tulang punggung keluarga berawal dari media social facebook yang selama ini hanya dimanfaatkan untuk mengupload status mengapa tidak dimanfaatkan menjadi media promosi barang. Ia mengutarakan bahwa diawal usaha jual beli online ia geluti sangat terkendala dengan modal usaha.  Selanjutnya dengan bermodal seadanya dan modal kepercayaan dari penyedia barang ia mulai binis online dunia fashion. Alhasil beberapa tahun kemudian ia mampu meraup keuntungan jutaan rupiah setiap bulan yang tentunya jauh lebih besar dari pendapatannya sebagai guru honorer dengan gaji pertiga bulan.

Namun jalannya usaha tidak selalu mulus, sama dengan apa yang disampaika Nona Putri bahwa kita tidak boleh cepat patah semangat jika apa yang kita promosikan tidak mendapat tanggapan dari orang,  akan tetapi terus saja kita sampaikan maka ada saatnya apa yang kita promosikan akan mendapat tanggapan.

 

Baca Juga :


Jika dilihat rata-rata setiap orang saat ini adalah pengguna aktif media social dan sebagiannya juga sudah menjadi konsumen jual beli online. Tentunya proses jual beli online atau dikenal dengan istilah pasar kampung ini memberikan kemudahan bagi pembeli dan penjual. Penjual tidak harus berkeliling secara fisik untuk mempromosikan barang yang tentunya membutuhkan banyak usaha baik itu fisik, mental, waktu dan biaya. Begitu pula bagi pembeli tidak harus keluar masuk toko untuk mencari barang sesuai spesifikasi dan harga yang ia butuhkan.  Akan tetapi dibalik kemudahan tersebut perlu adanya kehati-hatian pembeli agar tidak tertipu dengan apa yang dipromosikan melalui media social tersebut.

Beberapa tips dalam berbelanja online adalah memilih situs jual terpercaya yang menjadi penjamin atau pihak ketiga antara pembeli dan penjual. Seperti yang akan diluncurkan oleh kepala kampung media Fairuz Abu Macel nantinya pada Portal Pasar Kampung yang terintegrasi pada website Kampung Media NTB akan menjadi pihak penjamin uang dari pembeli. Artinya uang dari pembeli akan tersimpan dari rekening bersama pasar kampung dan baru diserahkan kepada penjual apabila barang yang dipesan pembeli sudah diterima sesuai dengan spesifikasi dan kondisi yang diharapkan. Jika barang yang tidak sesuai maka pihak ketiga dari Portal Pasar Kampung akan menjadi jembatan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Oleh karena itu mari bersama-sama yang diawali oleh anggota komunitas KM. NTB untuk memanfaatkan portal tersebut nantinya agar roda perekonomia masyarakat NTB bisa terus begerak serta potensi produk dan kearifan local yang selama ini terpendam bisa dikenal dunia dan pastinya aman terpercaya. (c_benk VH)



 
KM. Serambi Brangrea

KM. Serambi Brangrea

http://serambibrangrea.blogspot.com Helmy Wahyunadi (Motivator) Agus Sudono (IT) Sri Handayani (Penulis) Indah Fuji Astuti (Penulis) Roman Indra Jaya (Penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan