logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pasar Kampung Online Segera Hadir di NTB

Pasar Kampung Online Segera Hadir di NTB

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB terus berinovasi melalui Portal Kampung Media yang sebelumnya sebagai wadah menulis akan berevolusi

Ekonomi

Suparman
Oleh Suparman
10 Oktober, 2018 17:21:29
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 714 Kali

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB terus berinovasi melalui Portal Kampung Media yang sebelumnya sebagai wadah menulis akan berevolusi menjadi pasar kampung onlinen pada tahun 2019 mendatang. Inovasi ini untuk kesejahteraan demi meningkatkan ekonomi masyarakat kampung.

Sebagai langkah awal, pemerintah Provinsi NTB melalui Diskominfotik melakukan sosialisasi dan pelatihan pasar kampung online bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kabupaten kota se-NTB. Sebelumnya, sosialisasi sekaligus peatihan ini digelar di Dinas Kominfo Kota dan Kabupaten Bima. Kali ini, pelatihan pasar kampung online digelar di Gedung PKK Kabupaten Dompu, Selasa (9/10). Kegiatan dihadiri sejumlah kelompok informasi masyarakat yang tersebar diseluruh Kabupaten Dompu.

Mewakili pimpinan, Kepala Seksi (Kasi) Publikasi Bidang Informasi Komunikasi dan publikasi Diskominfotik NTB, Ida Ayu Kartinitiyasa mengatakan, selama sepuluh tahun kampung media selalu mengabarkan informasi kebaikan bagi masyarakat NTB lewat tulisan-tulisan anak kampung. 

"Sekarang kita akan sama-sama berinovasi bahwa kampung media bukan sekedar menulis saja, tetapi segera di kembangkan menjadi bisnis berbasis online dengan kata lain sebagai pasar kampung online," jelasnya.

Era informasi internet saat ini semua serba online, sehingga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari semua serba online. Hampir di semua kota-kota besar bahkan masyarakat pada umumnya melakuka aktivitas perbelanjaan lewat transaksi online. Ke depannya bisnis online akan menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang lebih luas lagi.

"Jadi peluang itu jangan sampai kita hanya terpaku melihatnya tetapi tidak ikut melakukan. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan peluang ekonomi di era digital saat ini," ajak Kasi Publikasi sapaan akrabnya Dayu.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dompu, Ir. Fahkrudin, A. Wahab, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa oreantasi bisnis online melalui kampung media sangat perlu untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) lewat bisnis online.

 

Baca Juga :


"Ini terobosan baru pemerintah provinsi NTB untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat, pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Kominfo akan terus menfasilitasi dan mendukung inovasi ini," tegasnya.

Kelompok informasi masyarakat adalah pelayan publik bagi masyarakat itu sendiri, pemerintah provinsi maupun kabupaten kota sebagai fasilitator yang menunjang perkembangan informasi. Ini sebagai langkah pemerintah untuk memperdayakan masyarakat dalam dunia informasi ke dunia bisnis online.

"Bisnis online bukan hal baru di tengah kehidupan masyakat, bisnis online sudah menjadi kebutuhan masyarakat luas," jelasnya.

Kampung media di bawah naungan Diskominfotik NTB akan bergerak mengembangkan bisnis online. Sebagai langkah awal pemerintah yakin bahwa bisnis ini akan mengalami perkembamgan seiring zaman terus berkembang, walau penjualan masih dalam skala daerah.

"Tapi saya yakin pasar kampung online akan terus merambat ke dunia nasional maupun internasional," harap Fakhrudin. (Man)



 
Suparman

Suparman

nama Suparman, biasa di panggil Man. lahir di desa O,o Kec. Dompu, Kab. Dompu pada Tanggal 12 Februari 1992. anak pertama dari enam saudara. saya lahir dari pasangan Bapak A. Talib dengan Ny. Uniriyah. No HP 085337689025

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan