logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pasar Kampung Online Penggerak Ekonomi Kreatif

Pasar Kampung Online Penggerak Ekonomi Kreatif

Salahsatu cara untuk menggerakan roda perekonomian di masyarakat, perlu ada SDM yang mampu melihat peluang dan mengelola sebuah usaha. Kemudian media

Ekonomi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
10 Oktober, 2018 12:30:42
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 595 Kali

Salahsatu cara untuk menggerakan roda perekonomian di masyarakat, perlu ada SDM yang mampu melihat peluang dan mengelola sebuah usaha. Kemudian media untuk memasarkan hasil produk tersebut.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Ibrahim, M. Si. saat membuka kegiatan Peningkatan SDM KIM ( Kelompok Informasi Masyarakat) dengan tema Pelatihan Pasar Kampung Online di Kabupaten Sumbawa , Rabu (10/10/2018) di Aula desa Beringin Sumbawa.

Kadis Ir. H. Ibrahim, M. Si. mengapresiasi kegiatan Dinas Kominfotik Provinsi NTB. Tujuan dan niatnya tentu untuk menggerakan sektor ekonomi di masyarakat.  "Sudah banyak bisnis online di sumbawa misalnya bisnis makanan. kita bisa pesan lewat media sosial  lebih murah dan cepat," cerita Kadis.

Masyarakat pengguna teknologi perlu di terangkan tentang prodak online yang dijajal di dunia maya. Secara teknis misalnya bahan panganan tersebut,  jenis produknya, bahan pembuatannya dan jenis informasi lainnya sehingga pembeli tertarik.

Pelatihan ini gagasan yang dibuat untuk menghemat dan mengefesiensi waktu. "Saya memakai dan pengguna barang ini atau konsumen, masih kurang pemahaman tentang barang yg dijual,  jadi informasikan tentang detail produkya," harap Ibrahim.

Mengakhiri sambutanya Kadis berpesan, karena kita berjualan di dunia maya kedepankan kejujuran menjual produk dan Kualitasnya, berikan info yang benar dan jujur sehingga konsumen tidak kecewa.

Mewakili Kadis Kominfo NTB, Kasi Kelembagaan IKP, I Dewa Ngurah Sarjana, menjelakan Pasar Kampung Online merupakan program yang digagas oleh Dinas Kominfotik NTB dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Sehingga diharapkan masyarakat dan pelaku usaha mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai media untuk memasarkan produknya.

 

Baca Juga :


Pelatihan ini sasaranya komunitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). "Kita perkenalkan dan latih anggota KIM sehingga muncul SDM handal yang mampu mempelopori Pasar Kampung Online di masyarakat," jelas Dewa.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari pengurus BUMDES Sahabat Semamung Kecamatan Moyo Hulu Sumbawa, Putri Munira. Salahsatu anggota Kampung Media Rampak Nula Sumbawa.

Menurut Putri Munira, keaktifannya di KIM sudah dilakukan sejak aktif di Kampung Media Rampak Nula. Awal kegiatannya menulis dan menceritakan kebaikan di kampung dan wilayahnya.

Pemanfaatan Teknologi Telekomunikasi sudah dilakukan saat keaktifan di KM. "Mempromosikan produk-produk lokal yang bernilai ekonomi kreatif. Sehingga KIM dan KM dipercayakan mempubilasikan aneka produk di Semamung di web kampung media dan media sosial lainya," jelas Putri.

Gagasan Pasar Kampung online yang digagas Kampung Media dalam pengembangan portalnya kami sambut dengan baik dan akan dijadikan wadah kami dalam pengelolaan BUMDES di desa Semamung. 

Pelatihan di ikuti sebanyak 20 orang peserta dari KM dan KIM se Kabupaten Sumbawa hadir mengikuti pelatihan Pasar Kampung Online yang digagas Diskominfotik NTB. ( Edy )



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan