logoblog

Cari

Tutup Iklan

Harapan Ekonomi NTB di 26 Hektar STIP

Harapan Ekonomi NTB di 26 Hektar STIP

Sebagai salah satu perwujutan visi dan misi Gubernur baru terpilih NTB, Dr. Zulkieflimansyah, NTB khususnya di Desa Banyumulek Lombok Barat, akan

Ekonomi

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
09 Oktober, 2018 11:34:14
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 1530 Kali

Sebagai salah satu perwujutan visi dan misi Gubernur baru terpilih NTB, Dr. Zulkieflimansyah, NTB khususnya di Desa Banyumulek Lombok Barat, akan dibangun Science Technology Industri Park (STIP) atau Taman Tehnologi Industri di lahan seluas 26 hektar. 

Untuk menindak lanujuti program yang telah sampai pada tahap master plan tersebut, Balai ITE Diskominfotik NTB mengadakan Focus Group Discussion yang dibuka langsung oleh Sekertaris Daerah NTB, Ir. Rosyadi Sayuti dengan diikuti oleh perserta dari berbagai stakeholder dan lintas sektor terkait, (9/10).

"Kawasan STP ini yang akan mendorong perekonomian masayarakat dengan mengandalkan ilmu pengetahuan dan hasil riset. Inilah yang diharapkan oleh gubernur kita yang baru. Membangun daerah berbasis ilmu pengetahuan," tutur Sekda saat memberikan kata sambutan.  

Hingga saat ini, STP yang ada di desa yang terkenal dengan sentra kerajinan gerabah tersebut telah memasuki tahap master plan dan penyempurnaan. Beberapa waktu yang lalu, Bappeda Provinsi NTB melalui Bidang Litbang melakukan rapat teknis guna  membahas bentuk kelembagaan program ini.

Nantinya di lahan seluas 26 hektar ini akan dibangun berbagai pusat industri yang tidak hanya terfokus pada beberapa hal saja melainkan banyak hal. Meliputi, industri permesinan sanggar seni, taman edukasi, laboratorium, showroom, dan sebagainya. 

"Nantinya kita harapkan pusat industrinya Lombok ada di sana!" ujar Direktur STIP M. Khairul Ihwan.

 

Baca Juga :


Selanjutnya, lembaga penelitian yang ada dalam Universitas di NTB akan berperan  dalam pengembangan Sains dan Tehnologi agar dapat dimanfaatkan oleh industri yang akan dibangun di NTB melalui STIP.

"Kita akan ciptakan inovasi-inovasi melalui riset-riset yang akan dilakukan oleh lembaga penelitian Universitas, yang kemudian akan diaplikasikan oleh industrasi yang diciptakan," jelas Muhammad Ali dari LPPM Universitas mataram. (nov/an- tim media)

 



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan